BDR KELAS 4,SELASA 28 Juli 2020
BDR KELAS 4,SELASA 28 JULI 2020
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema: 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menjelaskan berbagai bentuk keberagaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan, dan menyajikan hasil identifikasi tentang indera pendengar dengan kreatif, mandiri, dan percaya diri
Assalamualaikum ....Selamat Pagi anak-anak !
Sudah siapkah kalian belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Sudah siapkah kalian belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
KEGIATAN 1 (MUATAN BAHASA INDONESIA)
Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang kerja sama. Ternyata dengan bekerja sama membuat pekerjaan kita lebih cepat diselesaikan, mudah membangun ide-ide, dan juga memudahkan kita menemukan solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada.Nah, berikut ini ada kisah dari Edo dan kelima temannya yang bekerja sama melakukan percobaan sifat-sifat bunyi.Mari kita baca ceritanya berikut ini!
BEKERJASAMA DALAM KEBERAGAMAN
Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk
melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di
rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti
membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang
kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja
sama melakukan percobaan.
Saat percobaan akan
dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan
Udin meminta
izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya
mengizinkan
mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan
ruang makannya
untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai
untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu,
dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya
beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang
lain.
Tiba saatnya keenam
sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam
bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi
perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan
pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan
menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama
dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tema 1: Indahnya Kebersamaan 2017
1. Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut? Sampaikan pendapatmu
melalui voice note dan kirim ke WA ya!
2. Berdasarkan teks yang telah kamu baca tadi, tuliskanlah gagasan pokok dan
gagasan pendukung setiap paragrafnya pada buku tulismu!
melalui voice note dan kirim ke WA ya!
2. Berdasarkan teks yang telah kamu baca tadi, tuliskanlah gagasan pokok dan
gagasan pendukung setiap paragrafnya pada buku tulismu!
Fotolah hasilnya dan kirimkan ke WA!
KEGIATAN 2 (MUATAN IPA)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik.Semua bunyi membuat udara bergetar.Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.
Apa saja bagian-bagian telinga kita dan fungsinya? Bagaimana cara kerjanya serta cara merawatnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak video berikut ini yuk
Apa saja bagian-bagian telinga kita dan fungsinya? Bagaimana cara kerjanya serta cara merawatnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak video berikut ini yuk
Setelah menyimak video tersebut, sekarang coba Ananda buat peta pikiran tentang indra pendengar yang memuat bagian-bagian, cara merawat, cara kerja, dan fungsinya seperti di bawah ini
Kamu dapat membuatnya di buku gambar, dengan menambahkan gambar-gambar dan warna-warna agar peta pikiranmu menjadi lebih menarik. Kalau sudah selesai, fotokan hasilnya dan kirim ke WA ya!
Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa pada pembelajaran jarak jauh esok hari.
( Sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta )
Komentar
Posting Komentar