BDR KELAS 4,SELASA 28 Juli 2020

BDR KELAS 4,SELASA 28 JULI 2020





Tema : 1. Indahnya Kebersamaan 
Subtema: 2. Kebersamaan dalam Keberagaman


Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menjelaskan berbagai bentuk keberagaman sosial di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan, dan menyajikan hasil identifikasi tentang indera pendengar dengan kreatif, mandiri, dan percaya diri

Assalamualaikum ....Selamat Pagi anak-anak !
Sudah siapkah kalian  belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 

          KEGIATAN  1 (MUATAN BAHASA INDONESIA)
Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang kerja sama. Ternyata dengan bekerja sama membuat pekerjaan kita lebih cepat diselesaikan, mudah membangun ide-ide, dan juga memudahkan kita menemukan solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada.Nah, berikut ini ada kisah dari Edo dan kelima temannya yang bekerja sama melakukan percobaan sifat-sifat bunyi.Mari kita baca ceritanya berikut ini!

 BEKERJASAMA DALAM KEBERAGAMAN


Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.

Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
                                                                                                                                 Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tema 1: Indahnya Kebersamaan 2017


1. Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut? Sampaikan pendapatmu 
    melalui voice note dan kirim ke WA ya!
2. Berdasarkan teks yang telah kamu baca tadi, tuliskanlah gagasan pokok dan 
    gagasan pendukung setiap paragrafnya pada buku tulismu! 
    Fotolah hasilnya dan kirimkan ke WA!



KEGIATAN  2  (MUATAN IPA)

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik.Semua bunyi membuat udara bergetar.Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu. 
Apa saja bagian-bagian telinga kita dan fungsinya? Bagaimana cara kerjanya serta cara merawatnya? Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak video berikut ini yuk

 

Setelah menyimak video tersebut, sekarang coba Ananda buat peta pikiran tentang indra pendengar yang memuat bagian-bagian, cara merawat, cara kerja, dan fungsinya seperti di bawah ini


Kamu dapat membuatnya di buku gambar, dengan menambahkan gambar-gambar dan warna-warna agar peta pikiranmu menjadi lebih menarik. Kalau sudah selesai, fotokan hasilnya dan kirim ke WA ya!

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa pada pembelajaran jarak jauh esok hari.

( Sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta )
 
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022