BDR KELAS 4,SENIN 27 JULI 2020



BDR KELAS 4,SENIN 27 JULI 2020




Tema : 1. Indahnya Kebersamaan 
Subtema: 2. Kebersamaan dalam Keberagaman



Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengidentifikas berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan, mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret dengan penuh tanggung jawab

Assalamualaikum...Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih. 

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan atau pertolongan.

KEGIATAN 1 (MUATAN PPKn)

Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia.Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita membaca cerita yang berjudul ‘Tong Sampah Gotong Royong’  berikut ini !

 TONG SAMPAH GOTONG ROYONG


Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?  
 

    Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.
        Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.



Sumber: Buku Siswa Kelas 4 Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017


Setelah membaca cerita tersebut, coba Ananda jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 
1.Menurutmu, apa yang dimaksud kerja sama? 
2.Mengapa kita perlu melakukan kerja sama dalam hal-hal tertentu? 
3.Apa saja keberagaman yang terdapat pada cerita tersebut? 
4.Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman? 
5.Pernahkah kamu melihat kegiatan bekerja sama warga di daerahmu? Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman? Coba Ceritakan!

Tuliskan jawabannya pada buku tulismu, fotokan hasilnya kemudian kirimkan melalui WA! 


KEGIATAN 2 (MATEMATIKA)

Anak-anak tentu masih ingat pembelajaran tentang pecahan senilai. Untuk menentukan pecahan senilai kita dapat melakukannya dengan mengalikan atau membagi pecahan yang ingin kita ketahui pecahan senilainya. Bagaimana caranya? Kita simak penjelasannya melalui video berikut ini ! 

 
  

Bagaimana Anak-anak? Tentu sudah bisa ya! Bagi yang belum mengerti, dapat bertanya pada Bapak/Ibu Guru.Supaya anak-anak makin memahami, ayo kita latihan !


Kamu  dapat menuliskannya pada buku tulis mu ya! Kalau sudah selesai fotokan hasilnya dan kirimkan ke WA Bapak/Ibu Guru !

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa pada pembelajaran jarak jauh esok hari.

(Sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta) 


                                    






  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022