BDR KELAS 4,SENIN 10 AGUSTUS 2020

BDR KELAS 4,SENIN 10 AGUSTUS 2020




Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema: 3. Bersyukur Atas Keberagaman

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosialdan budayadi provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang, meragakan dasar-dasar gerak tari daerah, mengapresiasi penampilan tari daerah dengan percaya diri, mandiri dan kreatif.


Assalamualaikum....
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.


Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Kegiatan 1
Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang gerak dasar tarian betawi. Masih ingatkah Ananda apa saja gerak dasar tari betawi yang telah kita pelajari? Ya, kita sudah mempelajari gerakan gibang, adeg-adeg, kewer, dan selancar.Sekarang kita akan mempelajari variasi dari keempat gerakan tersebut dan juga contoh penerapannya dalam tarian. Mari kita simak melaui video berikut ini!



Coba Ananda praktikkan tarian tersebut dengan iringan musik ya! Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk merekamnya dalam bentuk video/foto kemudian kirimkan hasilnya pada WAG!

Kegiatan 2 

Selanjutnya saksikanlah video tarian dari teman-temanmu di WAG, kamu dapatmembuat catatan sebagai bentuk apresiasi dengan tabel.Tahukah Ananda apa itu apresiasi seni? Apresiasi seni adalah suatu penilaian terhadap suatu karya seni, mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut. 

Amatilah penampilan tari 5 orang temanmu, kemudian catatlah hal yang sudah dilakukan dengan baik dan hal yang masih perlu ditingkatkan serta jangan lupa tuliskan juga saran untuk temanmu pada tabel berikut ini! 

     
Fotokan hasil pekerjaanmu dan laporkan kepada Bapak/Ibu guru ya!

Kegiatan 3 

Ananda telah mengenal tentang keragaman sosial dan budaya seperti: tari-tarian, makanan khas, alat musik, rumah adat dan masih banyak lagi. Sekarang kamu akan menulis tentang keragaman sosial danbudaya yang ada di provinsimu.Sebelum menulis, kamu dapat melakukan wawancara kepada ayah, bunda, atau kakak di rumah. Selain itu, kamu juga dapat melengkapi hasil wawancara kamu dari berbagai sumber bacaan, seperti buku, surat kabar, atau berbagai sumber dari internet. 

Catatlah informasi yang kamu peroleh pada buku tulismu, kemdian sampaikan hasilnya melalui voice note atau video kemudian kirimkan melalui WA!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya

(sumber:RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021