BDR SDN LA 11 KELAS 4,1 OKTOBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,1 OKTOBER 2020

 


 

 Tema             : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

 Subtema        : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

 Pembelajaran: 5

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi, melakukan apresiasi karya seni rupa mozaik dengan percaya diri jujur. 

 

 Assalamualaikum wr.wb....Semangat Pagi Anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalammelaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!  

Kegiatan 1

Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan olehmanusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.Tahukah Ananda bahwa hewan yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk hidup?Tuhan menciptakan hewan dengan bentuk danjenis yang berbeda-beda. Setiap jenis hewan memiliki tempat hidupdengan karakteristik masing-masing.Tempat hidup tergantung kepadaciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut. Ciri-ciri khusus hewanmempunyai hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya.Ayo, cari tahu lebih lanjut tentang hubungan karakteristik tempat hidup hewan dengan ciri-ciri khususnya melalui video berikut ini!


                                    https://www.youtube.com/watch?v=dYaE5DBtuYA&feature=youtu.be

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis hewan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). Hewan apa saja yang cocok hidup di wilayah tersebut? Kelompokkan hewan tersebut berdasarkan karakteristik tempat hidupnya. Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber buku, internet, atau bertanya kepada ayah/bunda narasumber.

 

   

  

Kegiatan 2 

Pada pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat karya seni mozaik tentang hewan atau tumbuhan. Pamerkan mozaik tersebut dengan mengirimkan fotonya di WAG.Jelaskan hasil karyamu kepada teman-temanmu dengan melalui tulisan atau voice note.Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu. 

Tuliskan pada buku tulismu. Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut. 

1.Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut? 

2.Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut? 

3.Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa? 

4.Apa saran yang  ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi? 

 

Tuliskan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Sampai jumpa besok!

 

Sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021