BDR SDN LA 11 KELAS 4,29 SEPTEMBER 2020

 BDR SDN LA 11 

KELAS 4,29 SEPTEMBER 2020

 

Tema              : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup 

Subtema        : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku 

Pembelajaran: 3

 

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari hari, menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dengan mandiri dan percaya diri

 

 Assalamualaikum wr.wb...semangat pagi kelas 4 !

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!  

Kegiatan 1

Ananda, apakah di lingkungan rumahmu terdapat kupu-kupu? Sangat menyenangkan rasanya bisa melihat kupu-kupu berterbangan dengan sayapnya yang indah. Selain bentuknya yang indah, kupu-kupu memilki peran penting bagi makhluk hidup lainnya. Tahukah kamu manfaat kupu-kupu? Ya, salah satu manfaat kupu-kupu adalah membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang kupu-kupu melalui video berikut ini 


Setelah menyimak penjelasan tersebut, sekarang buatlah peta pikiran seperti di bawah ini!


 
 

Kalau sudah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2

Setiap makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan di lingkungan kita tentu memiliki peranan yang penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Oleh sebab itu kita tidak boleh mengganggu kelangsungan hidupnya seperti melakukan perburuan atau penebangan hutan secara liar Tahukah Ananda apa dampak dari perburuan hewan dan penebangan hutan secara liar? Sikap apa yang harus kita lakukan dengan hewan-hewan liar?

Perburuan hewan liar akan membawa dampak yang tidak baik. Dampak tersebut bisa menyebabkan hewan punah dan kerusakan lingkungan. Sekarang ayo kita membaca cerita yang berjudul Harimau Masuk Desa, Warga Cemas’ melalui tautan berikut!

Harimau Masuk Desa Warga Cemas

Beberapa minggu belakangan ini, warga Desa Badung hidup dalam kecemasan. Hal ini terjadi karena beberapa kali terlihat beberapa ekor harimau masuk ke area pemukiman warga. Desa Badung memang terletak tak jauh dari hutan. Harimau-harimau tersebut memang belum mengganggu warga. Mereka hanya berkeliaran, seperti sedang mencari makan. Warga Desa Badung berupaya mengamankan ternak peliharaan mereka. Ketika malam tiba, warga pun bergantian melakukan ronda untuk menjaga agar harimau-harimau tersebut tidak mengganggu.

 

Sesungguhnya, apa yang terjadi pada warga sudah lebih dahulu dirasakan oleh harimau-harimau penghuni hutan tersebut. Warga memang sering masuk ke hutan dan melakukan penebangan hutan untuk memperluas ladang kopi mereka. Tentu saja hal ini mengakibatkan habitat hewan hutan semakin sempit. Hak hidup hewan yang menjadi penghuni hutan terganggu. Pohonpohon yang menjadi sumber makanan hewan-hewan kecil dirusak. Akibatnya hewan-hewan kecil tersebut mencari makan di  tempat lain. Nah, hewan besar seperti harimau yang memangsa hewan kecil pun kehilangan haknya untuk mencari makan di habitatnya sendiri. Naluri untuk meneruskan kehidupanlah yang membuat harimau-harimau tersebut kemudian mencari makan ke tempat lain. Itulah sebabnya harimau pun masuk ke Desa Badung.

 

Jika demikian, apakah harimau yang mengganggu hak hidup warga Desa Badung atau justru warga Desa Badung yang mengganggu hak hidup harimau di hutan? Manusia dikaruniai akal, budi pekerti, dan kebijaksanaan. Sudah seharusnya manusialah yang memahami kewajibannya untuk menjaga hak hidup makhluk lain di sekitarnya, termasuk harimau.

 

 Berdasarkan teks tersebut jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! 

1.Apa yang dilakukan warga terhadap hutan?

 2.Apa yang terjadi dengan penduduk desa ketika harimau masuk ke desa? 

3.Mengapa harimau masuk ke desa? 

4.Setujukah kamu dengan warga yang menebang kayu di hutan? Mengapa? 

5.Apakah yang dilakukan warga melanggar hak-hak hewan? Jelaskan? 

6.Apakah yang dilakukan penebang pohon juga melanggar hak-hak masyarakat sekitar? Jelaskan?

 7.Jika kamu menjadi warga tersebut apa yang akan kamu lakukan?

 8.Apa kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh warga?

 

Tuliskan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! 

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.

Sampai jumpa besok!

Sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 


Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022