BDR SDN LA 11 KELAS 4,15 OKTOBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,15 OKTOBER 2020

 


 

Tema               : 4. Berbagai Pekerjaan 

Subtema         : 1. Jenis-jenis pekerjaan 

Pembelajaran : 3

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapatmenjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya, menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual dengan teliti dan bertanggung jawab. 

 

 Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!  

 

Kegiatan 1 Bahasa Indonesia

Ananda, bekerja merupakan hal yang harus dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun ditengah situasi pandemi seperti saat ini, orang-orang tetap melakukan pekerjaannya. Ada yang bekerja dari rumah, ada juga yang terpaksa harus bekerja di luar rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Berikut ini ada cerita tentang ‘Semut dan Belalang’. Cerita ini memberikan contoh akibat seseorang tidak mau bekerja. 

SEMUT DAN BELALANG

Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut itu selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan tidak mengurangi semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya.

Pada suatu hari ketika sedang bekerja, Sang Semut bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan.

“Hai, Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang. “Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut. “Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang. Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalas-malasan dahulu,” kata belalang lagi.

Sang Semut tidak memedulikan belalang. Ia tetap bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja, sementara Sang Belalang bermalas-malasan.

Akhirnya musim dingin tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat. Ia menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya karena tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu, Sang Belalang rajin bekerja mengumpulkan makanan seperti Sang Semut.

                                                                               (Sumber dengan revisi, www.anaknusantara.com)

Setelah membaca cerita tersebut, selanjutnya tulislah pendapatmu pada kolom berikut!

 

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian paparkan hasilnya melalui voice note kepada bapak/ibu guru!

 

Kegiatan 2 IPA

Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita.Selain bermanfaat untuk manusia, tumbuhan juga bermanfaat bagi kehidupan binatang. Salah satu contohnya adalah tanaman bakau.Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang manfaat tanaman bakau melalui video pada tautan berikut ini!

 


Ternyata tanaman bakau memiliki banyak manfaat ya bagi lingkungan! Sekarang jawablah soal-soal berikut ini! 

1.Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau? 

2.Apa yang terjadi jika hutan bakau rusak? 

3.Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan! 

4.Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari? 

5.Di sekitarmu tentu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber   daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya! 

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa

 

Sumber :RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022