BDR SDN LA 11 KELAS 4,2 OKTOBER 2020
BDR SDN LA 11 KELAS 4,2 OKTOBER 2020
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran: 6
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan mandiri dan teliti
Assalamualaikum wr.wb....Semangat Pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada Bpk/ibu guru !
Kegiatan 1
Sebelumnya Ananda telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara. Ananda juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara dengan Ayah/Bunda di rumah, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara.Selanjutnya Ananda akan melakukan wawancara tentang tumbuhan atau hewan. Kamu bisa memilih salah satu, tumbuhan atau hewan.Setelah melakukan wawancara, kamu akan menulis laporan.Sebelum melakukan kegiatan tersebut,kamu akan belajar tentang cara menulis laporan berdasarkan hasil wawancara
Berikut ini contohnya
Amati setiap bagian pada format laporan di atas. Kamu dapat menanyakan dan mendiskusikan dengan bapak/ibu guru jika ada hal-hal yang perlu kamu ketahui lebih lanjut
.Ayo kita lakukan wawancara tentang tumbuhan atau hewan.
Persiapkanlah daftar pertanyaannya! Ananda dapat mewawancarai Ayah/Bunda sebagai narasumbernya. Kalau sudah, laporkan hasil wawancaramu dalam bentuk laporan hasil wawancara seperti contoh di atas ya!
Fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2
Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari cara menentukan faktor prima untuk mencari FPB dan KPK. Dalam kehidupan sehari-hari kita terkadang menjumpai permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan FPB dan KPK. Nah, kali ini kita akan mempelajari cara menentukan FPB dan KPK dalam bentuk soal cerita. Simak penjelasannya pada video berikut ini ya ..
Supaya Ananda semakin memahaminya,sekarang ayo kerjakan soal-soal berikut ini!
1.Udin dan Edo memelihara kucing di rumahnya. Udin selalu pergi ke toko hewan untuk membeli makanan kucingnya setiap 12 hari sekali. Sedangkan Edo selalu pergi ke toko hewan untuk membeli makanan kucingnya setiap 15 hari sekali. Jika suatu hari mereka tidak sengaja bertemu di toko hewan pada hari Jumat, 2 Oktober 2020, maka pada tanggal berapa mereka akan bertemu lagi?
2.Pak Budi adalah seorang yang dermawan. Ia akan membagikan buah-buahan hasil kebunnya kepada tetangganya. Pak Budi akan membagikan 30 buah apel dan 20 buah jeruk. Kedua barang tersebut akan dimasukkan ke dalam kantung plastik dengan jumlah yang sama. Berapa paling banyak kantung plastik yang dibutuhkan Pak Budi?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini.
Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa!
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!
Sumber :RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta