BDR SDN LA 11 KELAS 4,20 OKTOBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,20 OKTOBER  2020


Tema                  : 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema            : 1. Jenis-jenis pekerjaan 

Pembelajaran    : 6

 

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapatmenyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang dengan teliti dan mandiri. 

 

 Assalamualaikum wb.wb...selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. 

 Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 

 

Kegiatan 1 IPS

Sebelumnya Ananda telah mengenal berbagai kegiatan ekonomi dan pekerjaan yang terkait dengannya.Selanjutnya menggali informasi lebih lanjuttentang kegiatan ekonomi yang ada disekitarmu serta pekerjaan yang terkaitdengan kegiatan ekonomi tersebut.Menggali informasi dari berbagai sumber adalah salah satu cara untuk mengetahui sesuatu secara lebih lengkap.  

Ananda dapat menggali informasi lebih lanjut tentang berbagai kegiatan ekonomi yang terdapat di sekitarmuserta kegiatan ekonomi yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut.Tuliskan informasi yang kamu peroleh pada tabel berikut! 

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2 Matematika

Di sekitar kita banyak sekali kegiatan ekonomi yang melibatkan berbagai pekerjaan di dalamnya.Nah, berikut ini ada cerita dari Santi dan Dita yang bekerja di sebuah toko roti. Sebelumnya kita simak video dibawah ini



Untuk lebih memahami kembali,kalian dapat mencoba latihan di bawah ini!

1.Santi bekerja di sebuah toko roti. Pagi ini ia mendapat tugas untuk memasukkan roti ke dalam wadah untuk dijajakkan keliling. Terdapat 120 roti rasa coklat, 96 roti rasa keju dan 80roti rasa nanas. Roti-roti tersebut akan dimasukan ke dalam wadah dengan jumlah yang sama pada setiap wadahnya.

 a)Berapa banyak wadah yang dibutuhkan Santi?

 b)Berapa jumlah masing-masing roti dalam setiap wadah? 

2.Di toko roti tersebut, Santi bekerja paruh waktu bersama dengan Dita. Santi menerima gajisetiap12 hari sekali, sedangkan DIta menerima gaji setiap15 hari sekali. Apabila mereka mulai bekarja tanggal 1 Oktober 2020, maka tanggal berapa mereka akan bertemu pertama kali saat mengambil gaji? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. 

Mari kita tutup dengan membaca doa. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! 

Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya !

 

sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta 


Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022