BDR SDN LA 11 KELAS 4,23 OKTOBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,23 OKTOBER 2020

 


 

Tema: 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema: 2. Pekerjaan di Sekitarku

Pembelajaran: 3 

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara tertulis, menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dengan mandiri dan bertanggung jawab.

 

Assalamualaikum wr.wb......selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!


 Kegiatan 1 IPA

Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah.

Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu.

Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu.

Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Benda-benda lain yang terbuat dari kayu juga berasal dari pohon. Agar terjaga kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.

1.Berdasarkan teks bacaan di atas, ceritakan proses pembuatan pensil dalam kolom berikut!

 

2.Sumber daya alam apa yang digunakan untuk pembuatan pensil? 

3.Apa yang terjadi bila penggunaan pensil dan barang-barang lain yang terbuat dari kayu tidak dibatasi? 

4.Berikan saranmu agar dapat menggunakan pensil secara hemat sebagai salah satu cara untuk melestarikan lingkungan! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru

 

Kegiatan 2 Bahasa Indonesia

Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah membaca beberapa cerita, termasuk salah satunya cerita pendek. Cerita pendek atau cerpen merupakan salah satu karangan fiksi yang disajikan secara singkat dan terdapat unsur-unsur cerpen di dalamnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak video berikut ini! 


                                        https://youtu.be/8gzZUOy86Hk 

Bagaimana Anak-anak, tentu kalian sudah memahaminya bukan? Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut ya!Agar kamu semakin memahaminya, selanjutnya kita kerjakan kuis tentang cerita pendek pada tautan berikut ini yuk! 

https://forms.gle/9r63jFKwbWAWqU7E7

 

Kalau sudah selesai, screenshoot hasil perolehan skormu dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!Sampai di sini pembelajaran hari ini. Mari kita akhiri dengan membaca doa! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar  

 

sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta 

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021