BDR SDN LA 11 KELAS 4,27 OKTOBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,27 OKTOBER 2020

 


 

 Tema             : 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema        : 2. Pekerjaan di Sekitarku 

Pembelajaran: 5

 

  

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat membuat cerita pendek dan menuliskannya sesuai dengan tema yang ditentukan, dan menggambar dan membentuk tiga dimensi dengan kreatif dan mandiri

 

 

Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalammelaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

 Kegiatan 1 (SBdP)

Ananda, tahukah kamu pekerjaan apa saja yang membutuhkan keterampilan menggambar? Terdapat sejumlah pekerjaan di sekitar kita yang memerlukan keterampilan dalam menggambar, seperti: pelukis, arsitek, percancang busana, ilustrator dan masih banyak lagi.

Pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah pernah membuat beberapa gambar bentuk terkait pekerjaan.

Ada hal-hal yang harus kita perhatikan dalam menggambar bentuk. Berdasarkan jenisnya, gambar bentuk tiga dimensi dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu: gambar bentuk benda kubistis, silindris dan bebas. Mari kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!


 Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut ya! 

Selanjutnya perhatikan benda-benda yang ada disekitarmu. Pilihlah salah satu benda kubistis, silindris, dan bebas yang ada di rumahmu. Kemudian gambarlah benda-benda tersebut pada buku/kertas gambarmu dan jangan lupa diberi warna! 

Apabila telah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

Kegiatan 2 Matematika

Ananda, dalam kegiatan sehari-hari terkadang kita melakukan pembulatan untuk memudahkan proses penghitungan. Namun perlu diingat, hasil dari pembulatan bukanlah hasil yang sebenarnya melainkanhanya berupa perkiraan.Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang pembulatan hasil pengukuran panjang. Bagaimana cara melakukannya? Mari kita simak video berikut ini ya!


Bagaimana, mudah bukan? Apabila ada penjalasan yang kurang Ananda pahami, kamu dapat bertanya kepada bapak/ibu guru atau ayah/bunda di rumah.Selanjutnya, mari kita kerjakan soal-soal berikut ini! 

1.Ukurlah benda-benda yang ada di sekitarmu menggunakan penggaris, lakukan pembulatan terhadap hasil pengukurannya, kemudian catat pada tabel berikut ini! 

 

2.Sebuah kunci rumah memiliki panjang 7,7 cm.Berapa panjang kunci jika dibulatkan ke satuan terdekat?

3.Sebuah kotak pensil panjangnya 15,4 cm. Berapa panjang kotak pensil jika dibulatkan ke satuan terdekat 

Sampai di sini pembelajar kita hari ini. 

Mari kita akhiri dengan membaca doa. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini

Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya! 

 

sumber:RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta 

 

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021