BDR SDN LA 11 KELAS 4,5 OKTOBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,5 OKTOBER 2020



Tema             : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup 

Subtema       : 3. Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran: 6

 

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari -hari, menyajikan hasil identifikasi pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dengan santun dan kreatif 

 

Assalamualaikum wr.wb.....semangat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 

 

Kegiatan 1 (PPKn)

Ananda, setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yangbersih dan nyaman. Ketika kita membuang sampahsembarangan, kita sudah mengambil hak orang lain.Berikut ini ada kisah dari Udin, Lani, dan Beni yang berkunjung ke pasar. Mari kita membacanya melalui teks berikut!

 

Pulang sekolah, Udin, Lani dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat ramai. Mereka masuk ke bagian dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama, Udin menutup hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar. Lani dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk segera terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.

 “Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.” bisik Udin.

 “Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.

 “Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Lani.

 “Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di tempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”

 “Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air tidak lancar,” keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”

 “Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.

Dalam hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan pasar. Hari itu, Lani, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.(referensiku)

 Berdasarkan teks tersebut, jawablah soal-soal berikut ini ya! 

1.Apa yang terjadi di lingkungan pasar? 

2.Mengapa pasar sangat bau? 

3.Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibatnya bagi lingkungan 

4.Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibat bagi orang-orang di pasar? 

5.Menurutmu, apakah Lani, Beni dan Udin saat di pasar sudah terambilhaknya? Jelaskan.

 6.Hak apa yang tidak di dapat oleh Lani, Beni, dan Udin ketika ke pasar? 

7.Menurutmu, apakah orang-orang yang membuang sampah sembarang sudah mengambil hak orang lain? Jelaskan? 

8.Bagaimana sikap positif dalam membuang sampah? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

Kegiatan 2 

Bagaimana cara kita mencintai lingkungan? Apakah Ananda sudah menunjukkan sikap cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari?Kita harus menjaga lingkungan agar senantiasa bersih dan asri. Hal tersebut merupakan salah satu wujud kecintaan dan kepedulian kita terhadap lingkungan.Bagaimana cara menjaga lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya? Mari kita simak video berikut ini!


                                           https://youtu.be/F4ofd1rg9vc 

 

Setelah menyimak video tadi, sekarang coba Ananda tuliskan cara menjaga lingkungan dalam peta pikiran seperti berikut ini!

 

 


Kamu dapat membuat peta pikiran dengan bentuk yang berbeda sesuai kreativitasmu. Kalau sudah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 3

Kemarin ananda  telah mempelajari cara mencari FPB dan KPK menggunakan pohon faktor dan petak.Berikut ini kamu dapat mengetahui cara mencari FPB dan KPK yang lain,cara  cepat yaitu Tegak dan Tegak Lurus.Bagaimana caranya...Mari kita simak video berikut ini !

  

 
 
https://www.youtube.com/watch?v=AJq7ns1RC0E
 
 
Bagaimana mudah bukan ? Untuk lebih memahami lagi kamu dapat mengerjakan latihan berikut ini

Tentukan FPB dan KPK pasangan bilangan berikut !

1. 12 dan 15

2. 24 dan 36

3. 24,32 dan 36

4. 24,28, dan 32

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Sampai jumpa besok !

 

Sumber :RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta



 

 

  

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022