BDR SDN LA 11 KELAS 4,16 NOVEMBER 2020
BDR SDN LA 11 KELAS 4,16 NOVEMBER 2020
Tema : 5. Pahlawanku
Subtema : 1. Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran: 4
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menuliskan makna sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi kerajaan Buddha di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan mandiri dan tanggung jawab.
Assalamualaikum wr.wb.......selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kitaawali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 IPS
Kamu telah sudah mengetahui perjuangan Raja Purnawarman dan sikap-sikap kepahlawanan yang dimilikinya. Maukah kamu mencari tahu perjuangan raja lainnya?Berikut ini ada kisah tentang Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya. Mari kita simak tayangannya melalui tautan berikut!
Setelah menyimak tayangan tersebut, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 PPKn
Balaputradewa berjuang membangun armada laut dan menjadikan Sriwijaya kerajaan yang makmur.Banyak hal-hal yang dapat kita petik dari perjuangannya. Berdasarkan perjuangan Balaputradewa, tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila! Jelaskan pula alasanmu!
Selanjutnya, jawablah kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1.Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh dari tokoh tersebut!
2.Bagaimana denganmu? Apakah kalian sudah mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?
3.Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....
4.Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ...
.5.Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah ....
Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!Sampai di sini pembelajaran hari ini.
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa!
sumber:RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta