BDR SDN LA 11 KELAS 4,17 NOVEMBER 2020
BDR SDN LA 11 KELAS 4,17 NOVEMBER 2020
Tema : 5. Pahlawanku
Subtema : 1. Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi, menyelesaikan masalah pengukuran panjang dan satuan panjang, mengidentifikasi kerajaan Hindu-Buddha di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan santun dan teliti
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari,kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 IPS
Ananda, pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yangmembawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu melalui tayangan berikut ini !
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut!Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaanberikut ini!
1.Kapan Kerajaan Majapahit berdiri?
2.Dimanakah pusat Kerajaan Majapahit? Wilayah mana saja yang menjadi kekuasaan Kerajaan Majapahit?
3.Apa hal yang dapat kamu teladani dari sosok Hayam Wuruk?
4.Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?
5.Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupanbangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!
6.Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada?
7.Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa KerajaanMajapahit? Jelaskan!
8.Bagaimana pendapatmu tentang Candi Penataran? Tuliskan pendapatmu tentang Candi Penataran dengan bahasamu sendiri!
Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru
Kegiatan 2 Matematika
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengatahui cara pembulatan bilangan. Untuk mengetahui ukuran panjang ataupun berat suatu benda biasanya kita menggunakan alat ukur. Misalnya untuk mengukur panjang, kita dapat menggunakan penggaris, meteran saku, atau meteran pita.Nah, setiap alat ukur memiliki satuan dan fungsinya masing-masing. Kali ini kita akan mempelajari alat ukur dan satuan panjang. Mari kita simak video berikut ini!
Setelah menyaksikan video tersebut, selanjutnya ayo kerjakan soal-soal berikut ini!
1.Perhatikan benda-benda berikut! Tuliskanlah alat ukur yang sesuai untuk mengukur benda di bawah ini!
2.Isilah titik-titik di bawah ini dengan bilangan yang tepat!
a.3 m = ... cm
b.60 hm = ... m
c.75 km = ... dm
d.250 mm = ... cm
e.400 dam = ... dm
f.850 dam = ... km
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!Sampai di sini pembelajaran hari ini.
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!
sumber :RPP DInas Pendidikan DKi Jakarta