BDR SDN LA 11 KELAS 4,9 NOVEMBER 2020

 BDR SDN LA 11 KELAS 4,9 NOVEMBER 2020

 

 

Tema                  : 4. Berbagai Pekerjaan

 Subtema            : 3. Pekerjaan Orang Tuaku

 Pembelajaran    : 5

 

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapatmengidentifikasikeragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang, menggambar dan membentuk tiga dimensi dengan mandiri dan kreatif 

 

 Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahuluya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 

 

Kegiatan 1 IPS

Ananda, pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal. Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya.Tahukah kamu bagaimana proses pembuatan pakaian/baju yang kita gunakan sehari-hari? Apa sumber daya alam yang digunakan? Pekerjaan apa saja yang terlibat di dalamnya?Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyaksikan tayangan berikut ini! 


Setelah menyaksikan tayang tersebut, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1.Bagaimana proses pembuatan baju? Jelaskan! 

2.Jelaskan teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan kain! 

3.Pada proses pembuatan baju dari awal hingga akhir, pekerjaan apa saja yang terdapat di dalamnya?

4.Menurutmu, pekerjaan seorang penenun adalah pekerjaan yang menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan! 

5.Ternyata untuk membuat kapas menjadi baju yang kita pakai, prosesnya sangat panjang. Bagaimana cara menghargai baju yang kita gunakan?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

 

Kegiatan 2 Matematika

Untuk kegiatan  berikutnya kalian dapat mengklik tautan di bawah ini untuk Penilaian Harian Matematika

KD 3.4

https://forms.gle/sb22xWsnHYSNUH6k9

KD 3.5

https://forms.gle/oLNUC2sJnFedviBx7 

 

Jika sudah screenshoot hasilnya kirimkan hasilnya kepada ibu guru

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! 

 Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

 

sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 

 



 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022