BDR KELAS 4 SDN LA 11,11 JAN 2021
BDR KELAS 4 SDN LA 11,11 JAN 2021
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran: 3
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menentukan keliling dan panjang sisi persegi, menyajikan hasil identifikasi potensi sumber daya alam di lingkungan tempat tinggal dengan teliti dan mandiri.
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Matematika
Ananda, adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai arsitek? Kegiatan sehari-hari seorang arsitek adalah merancang, merencanakan, dan mengawasi konstruksi bangunan. Seorang arsitek juga memiliki keahlian untuk menggambar rancangan bangunan.Pernahkah kamu mengamati bangunan-bangunan yang ada di sekiarmu, seperti: rumah, sekolah, atau gedung-gedung perkantoran?
Apabila kita amati lebih jauh, bagian-bagian penyusun bangunan tersebut adalah gabungan dari berbagai jenis bangun datar, seperti: persegi, persegi panjang, segitiga dan masih banyak lagi.
Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang persegi. Apa itu persegi? Bagaimana cara menghitung keiling persegi? Mari kita simak penjelasannya pada video berikut ini!
https://youtu.be/yvpJP3iwtis
Bagaimana anak-anak, mudah bukan? Apabila ada hal yang kurang kamu pahami, kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda di rumah, atau bapak/ibu guru!
Selanjutnya kerjkanlah soal-soal berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 IPS
Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yangberbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.Kegiatan penduduk dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada kondisi lingkungan dan sumber daya alam yang ada di sekitar wilayah tersebut.
Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak penjelasan pada tayangan berikut ini!
https://youtu.be/-nXeBruAj_M
Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1.Termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu (dataran tinggi, dataran rendah, pantai, atau lainnya)?
2.Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu
3.Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
4.Buatlah laporan hasil pengamatanmu dalam dalam bentuk tabel berikut ini
5.Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut!
a.Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?
b.Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah
Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa!Sampai jumpa besok!
Sumber:RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta