BDR KELAS 4 SDN LA 11,20 JAN 2021
BDR KELAS 4 SDN LA 11,20 JAN 2021
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. HebatnyaCita-citaku
Pembelajaran: 4
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di sekitar dengan mendiri dan teliti
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
PPKn
Ananda, setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri yang tidak akan sama walaupun kembar sekalipun. Itulah yang disebut keragaman karakteristik individu. Keragaman karakteristik individu artinya perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia.Keragaman karakteristik individu itu bermacam-macam, dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat berupa: bentuk wajah, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan.
Selain keragaman fisik, tiap individu juga memiliki keragaman lain, misalnya: keragaman kegemaran, keragaman suku, budaya, bahasa daerah, dan keragaman sifat.Salah satu keragaman karakteristik individu adalah kegemaran. Kegemaran adalah kesukaan atau kesenangan seseorang terhadap kegiatan atau hal tertentu.
Bagaimana dengan kegemaran anggota keluargamu? Pasti setiap anggota keluargamu memiliki kegemaran yang berbeda-beda bukan? Tuliskan pada tabel berikut ini ya!
Menurutmu, apa manfaat keragaman kegemaran dari anggota keluargamu? Tuliskan kesimpulanmu!
Paparkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru dalam bentuk video/voice noteya!
IPS
Selain memiliki keragaman karakteristik idividu. Negara kita juga memiliki beragam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara.
Sumber daya berupa tanah, air, dan tumbuhan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Sedangkan sumberdaya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan perikanan dan perkebunan. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinanmerupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.
Misalnya industri ban mobil/motor yang memanfaatkan sumber daya alam berupa karet sebagai bahan bakunya. Begitu juga pabrik sepatu kulit yang memanfaatkan kulit sapi sebagai bahan bakunya.Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu.
Lakukanlah survei sederhana dengan bertanya kepada teman-teman sekalasmu tentang pekerjaan orang tua mereka dan sumber daya alam yang dimanfaatkan. Kamu dapat bertanya melalui pesan singkat (chat/WA). Tuliskan hasinya pada tabel seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa!
Sampai jumpa besok!
sumber :RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta