BDR KELAS 4 SDN LA 11,7 JAN 2021

 BDR KELAS 4 SDN LA 11,7 JAN 2021

 

 

 

Tema             : 6. Cita-citaku

Subtema        : 1. Aku dan Cita-citaku 

Pembelajaran: 1

 

Tujuan Pembelajaran 

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri puisi, membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitaranya dengan teliti dan percaya diri

 

 Assalamualaikum wr.wb.....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

Kegiatan 1 Bahasa Indonesia

Ananda, Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak bukan?Itulah yang biasa kita kenal dengan cita-cita.Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang cita-cita melalui tayangan berikut in!

 


                                                     https://youtu.be/RtQGiwEHf9g 

Nah, bagaimana denganmu? Apa cita-citamu kelak? Apa alasannya? Ceritakan kepada bapak/Ibu guru melalui voice noteya! 

Selanjutnya, perhatikanlah kembali puisi ‘Cita-citaku’ pada tayangan yang tadi kalian saksikan! Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1.Apakah kamu menemukan bahwa puisi tersebut terdiri atas kumpulankata-kata yang tersusun menjadi baris-baris? 

2.Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadibeberapa bagian? 

3.Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris! 

4.Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalamsetiap baris? 

5.Tunjukkan keteraturan itu! 

6. Berdasarkan jawaban-jawabanmu tersebut tuliskanlah kesimpulanmu tentang ciri-ciri puisi! 


 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

Kegiatan 2 IPA

Adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai dokter hewan? Kegiatan utama sehari-hari seorang dokter hewan adalah membantu mengobati dan memberikan perawatan terhadap hewan yang sakit.Apakah kamu memiliki hewan peliharaandi rumah? 

Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?Hewan mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan  pertumbuhan hewan dengan membacanya melalui tautan berikut! 

 

 

 

  

 

Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. 

Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar. 

Buatlah kesimpulan tentang tahapan siklus hidup hewan! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa!

Sampai jumpa besok!

 

 

Sumber :RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

 



 

 

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022