BDR KELAS 4,25 JAN 2021
BDR KELAS 4,25 JAN 2021
Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran: 1
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri, menentukan keliling persegi panjang dengan mandiri dan teliti.
Assalamualaikum wr.wb.....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Bahasa Indonesia
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah membuat puisi tentang yang bertema cita-cita. Selanjutnya, kita akan mendeklamasikan puisi buatanmu tersebut.Apa itu deklamasi puisi? Bagaimana cara mendeklamasikan puisi?Simak penjelasannya pada tayangan berikut ini ya!
https://youtu.be/MhJIZ4N5Ji4
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayangan tersebut ya!
Sekarang, ayo kita deklamasikan puisi tentang cita-cita yang pernah kamu buat! Bacalah kembali puisi buatanmu tersebut! Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.
Latihan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu buat. Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut. Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut.
Rekamlah kegiatanmu mendeklamasikan puisi buatanmu dalam bentuk video. Perhatikan ekspresi wajah, lafal, intonasi, irama, dan gerak tubuhmu ketika mendeklamasikan puisi tersebut.Kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Matematika
Perhatikanlah benda-benda di sekitarmu! Banyak sekali benda benda di sekitar kita yang permukaannya memiliki bentuk persegi panjang.Persegi panjang merupakan turunan dari segi empat yang mempunyai ciri khusus dua sisi sejajar sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku (90°).Tahukah kamu bagaimana cara menentukan keliling persegi panjang?
Simak penjelasannya pada tayangan berikut ini!
https://youtu.be/_M0Ih0NlDRE
Bagaimana anak-anak? Mudah bukan? Apabila ada yang belum kalian pahami, kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda atau bapak/ibu guru!
Sebagai latihan, kerjakanlah soa-soal berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar!
Sampai jumpa besok!
Sumber : RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta