BDR KELAS 4 JUMAT 19 MARET 2021
BDR KELAS 4 JUMAT 19 MARET 2021
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menentukan ukuran sudut pada jam dalam satuan baku, menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya dan pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar dengan kreatif dan bertanggung jawab
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .
Kegiatan 1 IPA
Ananda, ada banyak jenis gaya yang berkaitan dengan aktivitas kita sehari-hari, antara lain yaitu: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, dan gaya gravitasi.
Nah, ada satu jenis gaya lagi yang perlu kita ketahui. Gaya apakah itu? Untuk mengetahuinya akan melakukan suatu percobaan, sebelumnya simak dahulu video berikut!
https://youtu.be/GM2c1GQYdLU
Ikutilah langkah-langkah membuat ketapel dengan memanfaatkan sikat gigi bekas yang ada di rumahmu sesuai video di atas.
Mintalah ayah/bunda untuk mendampingimu ketika membuatnya ya!
Selanjutnya, bawalah ketapel tersebut di tempat yang luas seperti lapangan, kemudian lakukanlah percobaan berikut!
1. Letakkanlah batu kecil/kertas dibulat kecil pada alas ketapel, kemudian tarik dan lepaskan! Apa yang terjadi?
2. Letakkan kembali batu kecil/kertas dibulat kecil pada alas ketapel, kemudian tarik dengan lebih kencang dan lepaskan! Apa yang terjadi?
3. Menurutmu, apa yang membuat batu tersebut dapat bergerak?
4. Buatlah kesimpulan teradap percobaan tersebut!
Videokan kegiatanmu ketika melakukan percobaan tersebut dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Percobaan yang kamu lakukan tersebut merupakan contoh penerapan gaya pegas.
Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan oleh kerja benda elastis. Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet atau pegas yang diregangkan.
Nah, pada percobaan tadi gaya pegas berasal dari karet pada ketapel ketika diregangkan.
Kegiatan 2 Matematika
Ananda, kalian telah belajar menghitung sudut jarum jam pada pukul 6, pukul 15, dan pukul 20 tepat.
Nah, bagaimana jika menit pada jarum panjang tidak berada tepat di angka 12? Kali ini kita akan mempelajari lebih lanjut tentang sudut pada jam.
Mari kita simak penjelasan berikut ini!
Bagaimana, mudah bukan? Apabila ada hal-hal yang belum pahami, kamu dapat bertanya pada ayah/bunda atau bapak/ibu guru!
Setelah menyimak video tersebut, selanjutnya ayo kita berlatih menghitung sudut jam pada gambar di bawah ini!
Hitunglah sudut terkecil pada setiap gambar jam di atas!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri dengan membaca doa setelah belajar!
Sampai jumpa!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta