BDR KELAS 4 KAMIS 18 MARET 2021
BDR KELAS 4 KAMIS 18 MARET 2021
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran: 4
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman ekonomi serta hubungannya dengan karakteristik ruang dengan mandiri dan percayadiri
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .
Kegiatan 1 IPS
Ananda, adakah dari kalian yang berasal dari kota Tangerang? Atau justru bertempat tinggal di Tengerang?
Sebagai daerah yang berbatasan dengan Ibu Kota Jakarta, Tangerang merupakan kota unik dilihat dari kegiatan ekonominya. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dilihat dari hadirnya pasar tradisional yang terletak di Jalan Kisamun pusat Kota Tangerang hingga berdirinya banyak pabrik di Tangerang.
Tangerang dijuluki kota 1000 industri karena merupakan pusat industri di Pulau Jawa. Di Tangerang berdiri lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini.
Ayo, kita cari tahu lebih lanjut tentang kegiatan ekonomi di bidang industri melalui tayangan berikut ini!
Amatilah gambar di bawah ini!
1. Siapa saja yang bekerja di pabrik ban?
Siapa saja yang bekerja di pabrik sepatu?
Apakah ada pekerja yang sama pada kedua pabrik tersebut?
Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
2. Adakah di sekitar tempat tinggalmu industri penghasil benda atau barang? Jika ada, sebutkan nama industri yang dijalankan. Siapa saja pekerja dan pekerjaannya? Tuliskan pada kotak berikut.
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 PPKn
Pekerja dan pekerjaan pada suatu tempat kerja tentu beragam. Bukan hanya pekerja dan pekerjaan, siswa di sebuah sekolah tentu juga beragam.
Ada siswa yang suka berolah raga, ada siswa yang suka menari, ada siswa yang suka sains, ada siswa yang suka menggambar, ada anak yang suka membaca, dan masih banyak lagi.
Setiap siswa juga mempunyai karakter yang berbeda. Ada anak yang pemalu, ada anak yang pendiam, ada anak yang berani, dan masih banyak lagi. Keragaman siswa pada suatu sekolah hendaknya disikapi secara positif.
Selanjutnya, coba kalian jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Apa manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?
2. Bagaimana sikapmu terhadap temanmu yang pendiam?
3. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda agama?
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman yang berasal dari daerah lain?
Berdasarkan jawaban-jawaanmu tersebut, buatlah sebuah kesimpulan tentang manfaat keragaman karakteristik individu dan juga cara menyikapi keragaman yang ada.
Paparkan kepada bapak/ibu guru dalam melalui pesan suara/voice note!
Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri dengan membaca doa setelah belajar!
Sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta