BDR KELAS 4 RABU 24 MARET 2021
BDR KELAS 4 RABU 24 MARET 2021
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 3. Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
Pembelajaran: 2
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, mengenali karakteristik gambar dan bentuk tiga dimensi dengan teliti dan kreatif
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .
Kegiatan 1 SBdP
Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Tentu di tempat tinggalmu banyak benda-benda tiga dimensi bukan?
Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi.
Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.
Untuk mengingat kembali tentang gambar bentuk tiga dimensi, simak tayangan berikut ini!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi!
1.Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi?
2.Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?
3.Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?
4.Berikan contoh benda-benda tiga dimensi di rumahmu yang termasuk jenis benda kubistis, silindris, dan bebas!
5.Cobalah untuk menggambar benda di bawah ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 Matematika
Ananda, tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kita sering berhadapan dengan data. Misalnya saja, data tentang usia, tinggi badan, berat badan, ukuran sepatu, atau data nilai hasil ulangan.
Nah, data-data yang terkumpul dari sejumlah orang baik secara langsung maupun melalui lembar isian dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Melalui tabel dan diagram, kita akan lebih mudah memperoleh informasi yang diperlukan.
Tabel dan diagram juga membuat sajian data menjadi lebih menarik. Mari kita cari tahu lebih lanjut tentang pengumpulan dan penyajian data melalui tayangan berikut!
Sebagai latihan, kerjakanlah soal-soal di bawah ini!
1. Apa perbedaan pengumpulan data langsung dan pengumpulan data melalui lembar isian?
2. Berdasarkan hasil pegumpulan data nilai hasil ulangan Siswa Kelas IV secara langsung diperoleh data sebagai berikut: 70, 70, 50, 100, 90, 70, 60, 80, 80, 70, 90, 85, 70, 60, 70, 80, 90, 100, 85, 70
a) Sajikanlah data di atas dalam bentuk tabel!
b) Sajikanlah data di atas dalam bentuk diagram batang!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.
Sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.