BDR KELAS 4, SELASA 9 MARET 2021

 BDR KELAS 4, SELASA 9 MARET 2021

 

 


 

Tema              : 8. Daerah Tempat Tinggalku 

Subtema        : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran: 3 dan 4

 

 

 Tujuan Pembelajaran:

 Melalui tayangan video, menentukan ukuran sudut pada dua buah garis menggunakan busur derajat, menyajikan hasil identifikasi keragaman ekonomi di provinsi setempat serta hubungannya dengan karakteristik ruang dengan disiplin dan kerja keras.

 

 

Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .

 

 Kegiatan 1 IPS

Tentu kamu masih ingat bukan bahwa lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah? Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.

Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan? Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.

Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu. Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu seperti berikut!

 

 

 

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

 Kegiatan 2 Matematika


Ananda, sebelumnya kita sudah mempelajari tentang hubungan antargaris. Bila kita cermati hubungan antargaris yang saling berpotongan akan membentuk suatu sudut. Apa yang dimaksud dengan sudut dan bagaiamana cara mengukurnya? Ayo kita cari tahu lebih lanjut!

 

https://youtu.be/DXPEPC18VqI

 

Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini!

1. Ukurlah sudut berikut ini!

2. Buatlah gabar sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku!

3. Tuliskanlah nama benda-benda yang ada di rumahmu yang memiliki sudut lancip, sidut tumpul, dan sudut siku-siku!

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa!

 


 

Sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

 


      
 
 
           



                                 





 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022