BDR KELAS 4,RABU 10 MARET 2021

 BDR KELAS 4,RABU 10 MARET 2021


 

 

Tema               : 8. Daerah Tempat Tinggalku 

Subtema         : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku 

Pembelajaran: 5

 

 

Tujuan Pembelajaran

Dengan mengamati gambar, peserta didik dapat menjelaskan keragaman sifat pada setiap individu dalam kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil percobaan hubungan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar dengan mandiri dan bertanggung jawab 

 

Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

 

Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .

 

Kegiatan 1 PPKn

 Ananda, pada bulan ini tepatnya pada tanggal 11 Maret 1966 pernah terjadi peristiwa sejarah yang dikenal dengan Supersemar.Apa sih Supersemar itu?Surat Perintah Sebelas Maret yang disingkat menjadi Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966.Surat ini ditujukan kepada Mayjend Soeharto selaku panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan yang perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban.

Sebagai anak bangsa kita perlu mengetahui peristiwa sejarahyang terjadi di masa lampau. Dengan mempelajari peristiwa di masa lampau, kita bisa mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di masa sekarang.

Anak-anak, pernahkah kalian memperhatikan keragaman sifat orang-orang yang ada di sekitar kalian? Ada orang yang memiliki sifat jujur, penyabar, rajin, pemalas, pemarah, dan sebagainya. Keragaman sifat tersebut termasuk dalam keragaman karakteristik individu.Amatilah gambar berikut. 

Identifikasilah keragaman sifat individu berdasarkan gambar berikut. Tuliskan jawabanmu di bawah gambar.

 

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

Kegiatan 2 IPA

Tentu kamu masih ingat bahwa gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut.Pengaruh apa yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukanpercobaan berikut untuk mengetahui macampengaruh gaya terhadap gerakan benda.  

 

Videokan kegiatan percobaanmu tersebut dan kirim kepada bapak/ibu guru ya!

 Selanjutnya jawablah pertanyaan berikut! 

1.Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan! 

2.Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan? Jelaskan! 

3.Kamu menggerakkan bola dengan gaya. Kakak/adik/ ayah/bunda juga menghentikan gerakanbola dengan gaya. Kesimpulan apa yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

 

Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! 

 Mari kita akhiri dengan membaca doa! 

 


Sampai jumpa!

 

sumber:RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022