BDR KELAS 4,SENIN 15 MARET 2021
BDR KELAS 4,SENIN 15 MARET 2021
TEMA : 8
SUBTEMA : 2
PEMBELAJARAN: 1
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menghitung sudut pada bangun datar dalam satuan baku, menyajikan hasil percobaan pemanfaatan gaya dan gerak serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar dengan teliti dan bertanggung jawab.
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .
Kegiatan 1IPA
Ananda, perhatikanlah setiap aktivitas di daerah tempat tinggalmu. Kamu dapat menemukan orang yang sedang mengendari sepeda motor, mendorong gerobak, ataupun berolahraga. Aktivitas-aktivitas tersebut berkaitan erat dengan gaya dan pengaruhnya terhadap benda.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempraktikkan kegiatan menendang dan menghentikan bola. Kegiatan tersebut membuktikan gaya dapat mempengaruhi benda diam menjadi bergerak ketika kamu menendang bola.
Sebaliknya gaya juga dapat mempengaruhi benda bergerak menjadi diam, yaitu ketika kamu menghentikan bola tersebut. Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut.
Untuk lebih memahami hubungan gaya dan gerak bensa, lakukan percobaan berikut ini!
Berdasarkan kegiatan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah terdapat perubahan pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat?
2. Perubahan apa yang terjadi pada mobil mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat? Jelaskan!
3. Kamu menarik mobil mainan dari lambat ke cepat dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?
4. Apakah terdapat perubahan pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan?
5. Perubahan apa yang terjadi pada mobil mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan? Jelaskan!
6. Kamu menarik mobil mainan dari lurus, lalu berbelok dengan gaya. Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 Matematika
Ketika kamu menarik dan membelokkan mobil mainan, apabila diamati lintasannya akan membentuk sudut-sudut tertentu.
Sebelumnya kamu telah belajar mengukur sudut pada dua buah garis yang saling berpotongan. Selanjutnya kita akan belajar menghitung sudut pada bangun datar segi empat dan segitiga.
Perlu kamu ketahui bahwa bangun datar segi empat seperti: persegi, persegi panjang, belah ketupat, jajar genjang, ataupun layang-layang jumlah seluruh sudutnya adalah 360 derajat .
Sementara pada segitiga, baik segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, segitiga sama sisi, maupun segitiga sembarang jumlah seluruh sudutnya adalah 180derajat.
Untuk lebih jelasanya mari kita simak penjelasan pada video berikut ini!
Bagaimana, mudah bukan? Apabila ada yang kurang dipahami, Ananda dapat bertanya kepada ayah/bunda atau bapak ibu guru!
Kerjakanlah soal yang terdapat di bagian akhir video pada buku tulismu kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Sampai di sini pembelajaran hari ini! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa!
Sampai jumpa!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta