BDR KELAS 4 KAMIS 22 APRIL 2021
Tema : 9. Kayanya Negeriku
Subtema : 2.Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Pembelajaran: 4
Tujuan Pembelajaran
Dengan menonton video peserta didik dapat mempraktikkan tata cara wudhu dengan benar, menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan penuh tanggung jawab.
Anak-anak apa kabar hari ini? Tentunya hari ini kalian sedang berpuasa ya? Bagus! Bagaimana niat berpuasa? (Nawaitu shouma ghodin ’an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis-sanati lillaahi ta’aala). Benar! Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya (Robbiy zidniy ‘ilman warzuqniy fahman).
Untuk anak-anak yang nonmuslim berdoalah seperti doa yang biasa kalian lakukan ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Anak-anak sholeh dan sholehah, bagaimana puasanya hari ini ? jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan badan dan mulut ya, supaya dapat menjalankan puasanya dengan lancar.
Kegiatan 1 PAI
Ananda sekalian, hari ini kita akan mempelajari tata cara berwudhu. Wudhu adalah salah satu syarat sah shalat, oleh karena itu setiap muslim harus mengetahui bagaimana tata cara berwudhu yang benar. Yuk kita simak video berikut !
https://www.youtube.com/watch?v=JDcqTe1IxYs
Bagaimana, menarik bukan ? Sekarang coba Ananda praktikkan tata cara berwudhu dengan benar.
Minta bantuan ayah/bunda untuk memvideokannya dan kirim hasilnya kepada Bapak/Ibu guru! Jangan lupa ucapkan terimakasaih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi ananda belajar di rumah.
(Untuk Ananda yang beragama nonmuslim lakukan kegiatan sesuai tugas dari bapak/ibu guru agama kalian ya, mintalah bantuan ayah bunda untuk membimbingmu)
Kegaitan 2 IPS
Ananda, negara kita memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat berlimpah. Kekayaan alam tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan! Apa saja sih manfaat sumber daya alam bagi masyarakat? Mari kita cari tahu dengan membaca teks di bawah ini!
Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.
Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.
Sekarang, coba identifikasilah berbagai sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah tempat tinggalmu! Tuliskan hasilya pada kolom berikut!
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
“Allaahumma inni astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajatii walaa tansaniihi yaa rabbal ‘aalamiin”.
(Bagi Ananda yang beragama nonmuslim, berdoalah seperti yang biasa kalian lakukan ya!)
Selamat Siang, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.