BDR KELAS 4 RABU 21 APRIL 2021

 

 

 

Tema             : 9. Kayanya Negeriku 

Subtema       : 2.Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia 

Pembelajaran: 4




Tujuan Pembelajaran

Dengan menyimak tayangan video, peserta didik dapat membaca surat al-FIl dengan memperhatikan tajwidnya secara benar dan mandiri, membaca dan menafsirkan data diri peserta didik dan lingkungannya dalam bentuk diagram batang dengan teliti dan kerja keras.

 

Anak-anak apa kabar hari ini? Tentunya hari ini kalian sedang berpuasa ya? Bagus! Bagaimana niat berpuasa? (Nawaitu shouma ghodin ’an adaa-i fardhi syahri romadhooni aadzihis-sanati lillaahi ta’aala). Benar! Agar apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala, jangan lupa mengawalinya dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca do‘a belajar dulu ya (Robbiy zidniy ‘ilman warzuqniy fahman).

 


 

Untuk anak-anak yang nonmuslim berdoalah seperti doa yang biasa kalian lakukan ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak sholeh dan sholehah, sudahkah kalian melaksanan shalat subuh? Pukul berapa dan bersama siapa saja ananda melaksanakan shalat subuh? Shalatlah di awal waktu dan berjamaah bersama keluarga agar mendapat pahala yang lebih besar!

 

 Kegiatan 1 PAI

Ananda, tahukah kamu diperingati sebagai hari setiap tanggal 21 April? Ya, Hari Kartini. R.A Kartini merupakan seorang pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia. Berkat perjuangan beliau, kaum wanita di Indonesia memiliki hak yang sama dalam memeroleh pendidikan yang layak! Oleh karena itu, kita patut mensyukurinya ya!

Anak-anak yang sholeh dan sholehah, hari ini kita akan melafalkan surat Al-Fil beserta artinya. Bagaimana cara membaca dengan tajwid yang benar? Mari kita simak melalui video berikut!

 


https://youtu.be/3ebjS5CGOPI

Bacalah Surat Al-Fil beserta artinya dan rekam menggunakan voicenote, kemudian minta tolonglah kepada ayah/bunda untuk mengirimkannya kepada Bapak/Ibu guru ya!

Alhamdulillah bacaan kalian sudah baik, teruslah berlatih agar lebih bagus!

 

(Untuk Ananda yang bergama nonmuslim, ada hafalan juga bukan? Coba mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk membimbing ya!)

 

Kegiatan 2 Matematika

Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah pernah belajar menyajikan data dalam bentuk tabel maupun diagram batang. Nah, selanjutnya kita akan belajar membaca dan juga menafsirkan data pada diagram barang. Bagaimana caranya?

Simak tayangan berikut ini ya!


 https://youtu.be/QTTu1Sfs_Ac

 

Bagaimana Anak-anak, mudah bukan? Sebagai latihan, kerjakanlah soal pada tautan di bawah ini ya!

 

 



 

Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat! Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil hati. Pelajari kembali materi-materinya dan terus berlatih!

Kalau sudah selesai screenshoot skor perolehanmu dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa setelah belajar: “Allaahumma inni astaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajatii walaa tansaniihi yaa rabbal ‘aalamiin”.

 


 

(Bagi Ananda yang beragama nonmuslim, berdoalah seperti yang biasa kalian lakukan ya!)

Selamat Siang, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022