BDR KELAS 4 SELASA 6 APRIL 2021
BDR KELAS 4 SELASA 6 APRIL 2021
TEMA : 9
SUBTEMA : 1
PEMBELAJARAN :4
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak terhadap energi dalam kehidupan sehari-hari, Mengumpulkan data dari lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang dengan jujur dan teliti.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 PPKn
Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan rakyat. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air.
Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat. Ayo kita cari tahu apa saja kewajiban dan hak kita terhadap sumber energi dengan membacanya pada tautan di bawah ini!
Kewajiban dan Hak terhadap Energi
Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat. Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatannya.
1. Kewajiban terhadap Sumber Energi
Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya.
b. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi.
d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air.
e. Menggunakan energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbarui.
Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.
2. Hak Memanfaatkan Sumber Energi
Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.
Identifikasilah perbuatan orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari.
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 Matematika
Hemat energi adalah mempergunakan energi yang ada dengan seperlunya saja. Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mempergunakannya sehemat mungkin. Salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan adalah listrik. Bagaimana pemanfaatan energi listrik di rumahmu?
Catatlah waktu penggunaan barang-barang elektronik yang ada di rumahmu dalam satu hari ke dalam tabel seperti berikut ini!
Berdasarkan data yang telah kamu kumpulkan, sajikanlah data tersebut ke dalam bentuk diagram batang!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar!
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.
Sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta