BDR KELAS 4 SENIN 5 APRIL 2021
BDR KELAS 4 SENIN 5 APRIL 2021
Tema : 9. Kayanya Negeriku
Subtema : 1. Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
Pembelajaran: 2 dan 3
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapatmelaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis, mengidentifikasi jenis sumber energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri dan kerja keras.
Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak!
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.
Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Untuk Ananda yang beragama berbeda ,silahkan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya .
Kegiatan 1 SBdP
Menjaga dan melestarikan lingkungan merupakan salah satu kewajiban kita bersama. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan alam harus ditumbuhkan sejak kecil.
Salah satu cara menumbuhkan kesadaran tersebut adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan tersebut seperti berhemat air dan membuang sampah pada tempatnya.
Kegiatan penumbuhan kesadaran menjaga lingkungan dapat dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya dengan bernyanyi menyanyikan lagu-lagu bertemakan lingkungan. Contohnya lagu yang berjudul “Alam Bebas”.
Bagaimana cara menyanyikan sesuai nada dan tempo yang tepat? Simak penjelasan video berikut!
Ayo kita coba nyanyikan lagu tersebut, kemudian rekam dalam bentuk video/voice note dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 IPA
Indonesia adalah bangsa yang memilikibanyak sumber energi. Sumber energi mulaidari minyak dan gas bumi (migas) sampaiyang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas).
Berdasarkan kemampuannya untuk diperbaharaui, sumber energi dibagi menjadi dua jenis, yaitu: sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan sumber energi yang dapat diperbaharui. Mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membacanya pada tautan di bawah ini!
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.
A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.
Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.
Kamu telah mengetahui jenis-jenis sumber energi berdasarkan kemampuannya untuk diperbaharui. Selanjutnya, tuliskanlah apa yang dimaksud dengan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan sumber energi yang dapat diperbaharui? Berikanlah contohnya!
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.
Tuliskanlah manfaat energi matahari yang kamu ketahui pada peta konsep berikut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 3 Bahasa indonesia
Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.Tahukah kamu apa itu wawancara? Bagaimana cara melakukan dan melaporkan hasil wawancara?Simak tayangan berikut!
https://youtu.be/OqbyPk4syVk
Catatlah informasi penting yang kamu peroleh pada tayangan tersebut agar kamu dapat mempelajarinya kembali!
Berdasarkan bacaan pada kegiatan sebelumnya, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara denganorang-orang yang ada di rumahmu!
Buatlah daftar pertanyaan yang ingin kamu ajukan, lakukanlah wawancara dengan narasumber, dan tuliskan laporan hasil wawancaramu seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar!
Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa besok!
sumber : RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta