BDR KELAS 4 SELASA 25 MEI 2021

 

 


 

 

 

 Tema              : 9. Kayanya Negeriku

Subtema         : 3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

 Pembelajaran: 1

 

Tujuan Pembelajaran

Berdasarkan data yang ditampilkan, peserta didik dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk diagram batang, menyajikan hasil identifikasi tentang pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan teliti dan mandiri.

 

Assalamualaikum wr.wb ...selamat pagi anak-anak !

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

 


 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

 Kegiatan 1 IPS

Ananda, bangsa kita memiliki kekayaan dalam bentuk keragaman sumber daya. Kesemuanya itu harus dilestarikan agar kehidupan masyarakat Indonesia tetap bisa berjalan baik dan seimbang serta selaras dengan lingkungan.

Manusia memanfaatkan berbagai bagian dari lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk hewan dan tumbuhan. Namun sungguh disayangkan, banyak dari kita yang melakukan tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam. Mereka justru merusaknya.

Apa saja kegiatan manusia yang dapat mengganggu ekosistem? Bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam dengan baik? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mar kita simak tayangan berikut ini!

 


Kamu telah menyimak tayangan tentang “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”.

Selanjutnya, lengkapilah peta pikiran berikut!

Bagaimana dengan lingkungan tempat tinggalmu? Adakah perilaku orang-orang di sekitarmu yang dapat mengganggu ketersediaan sumber daya alam atau keseimbangan ekosistem? Jelaskan!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

 

Kegiatan 2 Matematika

Hewan dan tumbuhan merupakan kekayaan alam yang patut kita jaga kelestariannya. Kita boleh saja memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan, namun kita harus menggunakannya secara bijak ya!

Ananda, apakah kamu suka berwisata melihat hewan hewan di kebun binatang? Nah, berikut ini adalah data tentang jumlah hewan yang dilindungi di “Kebun Binatang Aneka Satwa”

Berdasarkan tabel di atas, kerjakanlah soal-soal berikut!

1. Berapa banyak burung kasuari yang terdapat pada Kebun Binatang Aneka Satwa?

2. Berapa jumlah keseluruhan hewan yang dilindungi di Kebun Binatang Aneka Satwa?

3. Apa hewan yang paling sedikit terdapat di Kebun Binatang tersebut?

4. Berapa selisih jumlah Harimau Sumatera dengan Orang Utan?

5. Buatlah diagram batang berdasarkan tabel di atas! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar!

 


 Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021