PJJ KELAS 4 SELASA 13 JULI 2021
Kelas : IV
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Semester : I (Ganjil)
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis dengan mandiri, Mendemonstrasikan penggunaan benda-benda di sekitar yang merupakan sumber bunyi dengan percaya diri.
Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Selamat
pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan
sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam
melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat
tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama
berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi
anak-anak kita tercinta.
Ayah/Bunda
jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan
dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di
lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah
demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anaksebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya
(berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Tematik Muatan Bhs Indonesia
Ananda, Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya bangsa. Setiap kebudayaan merupakan ciri khas masing- masing daerah di Indonesia. Tak jarang beragam kebudayaan tersebut ditampilkan dalam suatu pawai budaya seperti yang diceritakan pada paragraf berikut!
Anak-anak hebat, menurutmu membicarakan apakah paragraf di atas? Ya, tentang pawai budaya yang menarik. “Pawai budaya yang menarik”merupakan gagasan pokok yang menjadi inti pada paragraf tersebut. Selain itu ada juga gagasan pendukung yang berisi informasi tambahan untuk gagasan pokok.
Bagaimana cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung? Simak tayangan berikut ini ya!
https://youtu.be/h08SF9I3Geo
Bapak/ibu yakin Ananda semua sudah dapat menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Selanjutnya coba kalian tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada tiap paragraf dari bacaan berikut ini!
Pawai Budaya
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.
Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.
Udin dan teman-teman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.
Tuliskan pada kolom seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasinya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 Tematik Muatan IPA
Anak-anak hebat, keberagaman yang dimiliki bangsa kita juga meliputi berbagai keunikan alat musik daerahnya. Diantaranya seperti berikut ini:
Alat-alat musik di atas berbeda-beda cara memainkannya, suara yang dihasilkannnya pun tentu berbeda-beda. Misalnya: saluang: dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suluang, getaran tersebut menghasilkan bunyi.
Selain alat musik, di sekitar kita juga banyak sekali benda yang dapat menghasilkan bunyi?
Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah tiga benda yang kamu anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
Buatlah video kamu mempraktikkan penggunaan benda- benda tersebut, dan berikanlah penjelasan bagaimana benda tersebut dapat menghasilkan bunyi! Selanjutnya, kirimkan videonya kepada bapak/ibu guru ya!
Refleksi/Penutup
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang pecahan dan gerak tari kreasi daerah. Berikut ini materi untuk pecahan:
Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Kita tutup dengan membaca do'a terlebih dahulu
Sampai bertemu esok hari ......Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.