PJJ KELAS 4 SELASA 27 JULI

 

 

 

 

 


 

Kelas : IV (Empat)

Tema : 1 (Indahnya Kebersamaan)

Sub Tema : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah memperhatikan video pembelajaran tentang cara meringkas, siswa dapat membuat ringkasan berdasarkan gagasan pokok yang telah mereka peroleh dari teks bacaan dengan benar. Setelah memperhatikan video pembelajaran tentang membandingkan pecahan, siswa dapat membandingkan pecahan dengan benar.

 

Assalamualaikum wr.wb

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

 


 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

Kegiatan 1 Tematik B.Indonesia

Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Nah, pada pertemuan ini kita masih belajar yang ada kaitannya dengan materi tersebut yaitu meringkas bacaan berdasarkan gagasan pokok yang diperoleh dari suatu bacaan tersebut.

Dalam setiap bacaan terdapat gagasan pokok dan gagasan pendukung. Gagasan pokok dapat disatukan menjadi sebuah ringkasan. Apa itu meringkas? Meringkas adalah memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan disajikan dalam bentuk singkat tanpa mengurangi makna keseluruhan paragraf.

Cara meringkas pertama kita baca terlebih dahulu keseluruhan teks, lalu kita tulis gagasan pokoknya, selanjutnya kita susun menjadi bentuk ringkasan. Supaya kamu lebih paham perhatikan video pembelajaran berikut ini ya!


 https://youtu.be/D54CT5ITG-0

 

Bagaimana tentang penjelasannya? Apakah sudah paham? Semoga semua sudah paham ya! Selanjutnya, mari kita latihan membuat ringkasan yang baik dan benar.

Silahkan kalian baca teks bacaan di bawah ini, lalu buatlah ringkasan yang baik dan benar berdasarkan teks tersebut!

Perbedaan Bukanlah Penghalang
         Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
        Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
        Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Sumber: Buku BSE Kelas 4 Tema 1 Halaman 110-111

Kerjakanlah di buku tulismu dengan rapih! Setelah selesai, kirimkan foto hasil pekerjaanmu ke Bapak /Ibu guru! Selamat mengerjakan!

 

Kegiatan 2 Matematika

Anak hebat, pada kegiatan ke 2 ini kita akan belajar tentang membandingkan pecahan.

Simbol yang digunakan untuk membandingkan pecahan yaitu:

 Lebih dari (>)

 Kurang dari (<)

 Sama dengan (=)

Untuk membandingkan pecahan kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu dengan menggunakan gambar, menyamakan penyebut, bisa juga dengan menggunakan perkalian silang.

Supaya kamu memahami cara membandingkan pecahan dengan benar, perhatikan video penjelasan berikut ini ya!

 


https://youtu.be/7AU5dBCZSBc

 

Bagaimana anak hebat, apakah kamu sudah paham?

Selanjutnya, kerjakan latihan soal  berikut!

Tuliskan soal dan jawaban di buku tulismu dan kerjakan dengan teliti!

Setelah selesai mengerjakan, kirimkan foto hasil pekerjaanmu ke Bapak/Ibu guru ya!



Refleksi Penutup

Anak hebat, sampai di sini pembelajaran hari ini. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya yang lebih seru lagi ya! Untuk pertemuan selanjutnya, kita akan membahas keragaman agama dan tari kreasi daerah.

Kamu bisa mempelajari terlebih dahulu melalui link video berikut ini ya!

https://youtu.be/_1tD5y7isP0

Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya! Kita akhiri dengan membaca doa terlebih dahulu

 

 


 

Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021