PJJ KELAS 4 SELASA 27 JULI
Kelas : IV (Empat)
Tema : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub Tema : 2 (Kebersamaan dalam Keberagaman)
Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan video pembelajaran tentang cara meringkas, siswa dapat membuat ringkasan berdasarkan gagasan pokok yang telah mereka peroleh dari teks bacaan dengan benar. Setelah memperhatikan video pembelajaran tentang membandingkan pecahan, siswa dapat membandingkan pecahan dengan benar.
Assalamualaikum wr.wb
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Tematik B.Indonesia
Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Nah, pada pertemuan ini kita masih belajar yang ada kaitannya dengan materi tersebut yaitu meringkas bacaan berdasarkan gagasan pokok yang diperoleh dari suatu bacaan tersebut.
Dalam setiap bacaan terdapat gagasan pokok dan gagasan pendukung. Gagasan pokok dapat disatukan menjadi sebuah ringkasan. Apa itu meringkas? Meringkas adalah memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan disajikan dalam bentuk singkat tanpa mengurangi makna keseluruhan paragraf.
Cara meringkas pertama kita baca terlebih dahulu keseluruhan teks, lalu kita tulis gagasan pokoknya, selanjutnya kita susun menjadi bentuk ringkasan. Supaya kamu lebih paham perhatikan video pembelajaran berikut ini ya!
https://youtu.be/D54CT5ITG-0
Bagaimana tentang penjelasannya? Apakah sudah paham? Semoga semua sudah paham ya! Selanjutnya, mari kita latihan membuat ringkasan yang baik dan benar.
Silahkan kalian baca teks bacaan di bawah ini, lalu buatlah ringkasan yang baik dan benar berdasarkan teks tersebut!
Kerjakanlah di buku tulismu dengan rapih! Setelah selesai, kirimkan foto hasil pekerjaanmu ke Bapak /Ibu guru! Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2 Matematika
Anak hebat, pada kegiatan ke 2 ini kita akan belajar tentang membandingkan pecahan.
Simbol yang digunakan untuk membandingkan pecahan yaitu:
Lebih dari (>)
Kurang dari (<)
Sama dengan (=)
Untuk membandingkan pecahan kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu dengan menggunakan gambar, menyamakan penyebut, bisa juga dengan menggunakan perkalian silang.
Supaya kamu memahami cara membandingkan pecahan dengan benar, perhatikan video penjelasan berikut ini ya!
Bagaimana anak hebat, apakah kamu sudah paham?
Selanjutnya, kerjakan latihan soal berikut!
Tuliskan soal dan jawaban di buku tulismu dan kerjakan dengan teliti!
Setelah selesai mengerjakan, kirimkan foto hasil pekerjaanmu ke Bapak/Ibu guru ya!
Anak hebat, sampai di sini pembelajaran hari ini. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya yang lebih seru lagi ya! Untuk pertemuan selanjutnya, kita akan membahas keragaman agama dan tari kreasi daerah.
Kamu bisa mempelajari terlebih dahulu melalui link video berikut ini ya!
Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya! Kita akhiri dengan membaca doa terlebih dahulu
Wasalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.