PJJ KELAS 4 SENIN 19 JULI 2021
Kelas : IV
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman budaya sebagai identitas bangsa Indonesia dengan mandiri serta dapat memeragakan gerak tari kreasi daerah dengan kreatif.
Assalamualaikum wr.wb
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya
(berdoa sesuai agama dan kepercayaan masingmasing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Tematik IPS
Ananda, keragaman budaya yang dimiliki bangsa kita sangatlah beragam. Keragaman tersebut meliputi keragaman suku bangsa, bahasa, rumah adat, tarian, pakaian tradisional, senjata tradisional, dan juga alat musik tradisionalnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bentuk-bentuk keragaman di Indonesia, mari kita simak melalui tayangan berikutini!
Nah, Anak-anak hebat, itu tadi beberapa contoh keragaman yang ada di Indonesia. Masih banyak lagi beragam budaya yang ada di Indonesia!
Nah sekarang tugasmu, carilah informasi tentang keragaman budaya dari pulau-pulau di Indonesia. Kamu dapat mencari informasi dari buku, majalah, atau internet.
Tuliskan informasi yang kamu peroleh dalam bentuk tabel seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 Tematik SBdP
Salah satu cara melestarikan keragaman budaya adalah dengan mempelajarinya. Seperti yang akan kita lakukan kali ini yaitu memperagakan gerak dasar tari daerah.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempraktikkan tari Bungong Jeumpa. Nah, kali ini kita akan memeragakan beberapa gerak dasar tari Betawi, antara lain: gibang, adeg-adeg, kewer, dan selancar.
Simak tutorialnya pada tautan di bawah ini!
Anak-anak hebat, bapak/ibu guru yakin Ananda dapat mempraktikkannya dengan baik! Sekarang, coba Ananda berlatih memeragakan 4 gerakan tersebut.
Setelah kamu menguasai gerakannya, rekamlah dalam bentuk video dan krimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Refleksi/Penutup
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini telah usai, tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa lusa (RABU) kita akan belajar yang lebih seru lagi, yaitu tentang gagasan pokok dan pendukung pada bacaan Suku Minang dan keanekaragaman budaya yaitu permainan tradisional.
Berikut ini materi tentang gagasan pokok dan pendukung pada bacaan Suku Minang:
SUKU MINANG
Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang terkenal adalah “Malin Kundang”.
Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.
Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.
Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.
Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.
Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Halaman 58-59
Pelajari dan baca-baca dulu ya, untuk bahan diskusi.
Kita tutup pelajaran hari ini dengan membaca doa terlebih dahulu
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber :RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta