PJJ KELAS 4 KAMIS 5 AGUSTUS 2021
Kelas : IV
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 1. Sumber Energi
Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan pengamatan, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil pengamatan sumber energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan penuh tanggung jawab.
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Tematik IPA
Anak-anak hebat, hari ini kita sudah masuk ke tema ke 2 nih. Pada subtema yang pertama ini kita akan belajar tentang sumber energi. Energi sangat penting bagi kehidupan kita. Semua makhluk hidup membutuhkan energi.
Tahukah kamu sumber-sumber energi yang ada? Ayo kita pelajari lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!
Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Untuk membuktikannya sekarang kita akan melakukan pengamatan terhadap benda yang dijemur di bawah sinar matahari dengan benda yang diletakkan di tempat teduh.
Lakukanlah kegiatan berikut ini!
1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2.Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!
Tuliskan hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut ini!
Tabel Pengamatan
1. Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?
2. Berdasarkan tabel pengamatanmu, buatlah kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu!
Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Foto juga benda-benda yang kamu amati tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit ya!
Kegiatan 2 Penilaian Harian MATEMATIKA
Anak hebat, pada kegiatan kedua ,kalian akan mengerjakan soal Penilaian Harian Matematika yaitu tentang materi Pecahan . Dibawah ini terlampir link soal Penilaian Harian Matematika.
Kerjakan dengan teliti ya! Jika sudah selesai screenshot nilai yang kamu peroleh dan kirimkan ke bapak/ibu gurumu!
https://forms.gle/DioDDeJwgrEHNaxj6
Bagaimana hasilnya?Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi?Hebat.
Jika belum mendapat skor yang tinggi jangan menyerah belajar lebih giat lagi yaa!
Refleksi Penutup
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan beajar yang lebih seru, yaitu tentang hak dan kewajiban, dan tempo, birama, dan tinggi rendah nada.
Berikut ini materi untuk tempo, birama, dan tinggi rendah nada!
Pelajari dulu ya, untuk bahan diskusi. Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.Pasti seru!!! Kita akhiri dengan membaca doa sesudah belajar!
Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.