PJJ KELAS 4 ,SELASA 24 AGUSTUS 2021

 


 

 

Kelas : IV (Empat)

Tema : 2 (Selalu Berhemat Energi)

Sub Tema : 3 (Energi Alternatif)

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca teks nonfiksi “Ayo, Hemat Energi”, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks nonfiksi tersebut dengan tepat. Setelah memperhatikan penjelasan dari video pembelajaran tentang penaksiran pecahan, siswa dapat melakukan penaksiran pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dengan benar.

 

 

Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak! 

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).


 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

Kegiatan 1 B.Indonesia

Anak hebat, sering sekali kalian membaca teks nonfiksi. Teks nonfiksi adalah sebuah karangan atau teks yang dibuat berdasarkan fakta. Di dalam teks nonfiksi tersebut terdapat informasi-informasi penting yang perlu kalian pahami karena dapat menambah pengetahuan barumu.

Sekarang kalian akan menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi. Silahkan kalian baca teks nonfiksi berjudul ‘‘Ayo, Hemat Energi!“ dan jawab pertanyaan pada akhir teks pada link di bawah ini!

 

Ayo Hemat Energi!

 
 
Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat… sangat … sangat panjang. Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran “Hemat Energi” di mana-mana. Ketika berjalan pulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti berbincang-bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.

Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja, dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu satu hal yang dapat Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!

Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai sepeda motor untuk urusan apapun. Bahkan belanja ke warung Mpok Minah di ujung kampung pun, ibu mengendarai motor. Lani menyadari, ia harus mengingatkan ibu untuk menggunakan kendaraan seperlunya. Ibu perlu menghemat bahan bakar motor. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan kaki atau naik sepeda. Lebih hemat, lebih murah, dan lebih sehat! Hmm,.. Udin dan Siti jadi berpikir keras. Pasti ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak keluarga dan warga sekitar menghemat energi. Walaupun masih anak-anak, mereka pun menggunakan hak mereka sebagai pemakai energi. Jadi, mereka pun mempunyai kewajiban untuk melakukan penghematan. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pengingat warga. Ayo, hemat Energi!

Berdasarkan teks di atas analisis pertanyaan berikut!

1. Mengapa kita perlu menghemat energi?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2. Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

3. Tuliskan tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

4. Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita di atas?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………….

5. Buatlah peta pikiran mengenai hal-hal yang sudah kamu lakukan untuk menghemat energi!

 Sumber: Buku siswa tema 2 kelas 4 halaman 102-104

Tulis jawabanmu di buku tulismu dan kirimkan fotonya ke bapak/ibu gurumu ya!

Selamat mengerjakan!

 

Kegiatan 2 Matematika

Anak hebat, pada pertemuan yang lalu kalian telah belajar materi pembulatan pecahan, baik pecahan biasa, desimal, campuran dan persen. Semoga kalian sudah memahaminya.

Untuk kali ini  kalian melaksanakan PH (Penilaian Harian) Matematika.Kalian dapat mengklik link dibawah ini untuk mengerjakannya

 https://forms.gle/UepjbWcvEoyRE6dN8

 Setelah selesai jangan lupa SCREENSHOOT  hasilnya daan laporkan hasilnya ke bapak/ibu guru



Refleksi Penutup

Anak hebat, tanpa terasa pembelajaran hari ini telah usai. Akan tetapi besok kita akan belajar yang lebih seru lagi ya!

Materi selanjutnya yaitu: energi alternatif dan tempo dan nada. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu materinya pada link di bawah ini!

 


 

Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi belajar dari rumah hari ini!

Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca do‘a sesudah belajar.

 


 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Postingan populer dari blog ini

Volume Gabungan Bangun Ruang

Kerjasama ASEAN