PJJ KELAS 4,RABU 8 SEPTEMBER 2021
Kelas : IV
Tema : 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan wawancara, peserta didik dapat menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dengan teliti.
Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak!
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 IPA
Anak-anak hebat, banyak sekali hewan di sekitar tempat tinggal kita. Pernahkah kamu mengamati bagian-bagian tubuh hewan? Setiap jenis hewan memiliki bagianbagian tubuh dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakan.
Nah, kali ini kita akan membahas bagianbagian tubuh beberapa jenis hewan dan juga fungsinya. Simak penjelasannya berikut ini yuk!
Kamu telah mengenal beberapa jenis hewan beserta bagian-bagian tubuh dan fungsinya.
Sekarang, amatilah bagian-bagian tubuh burung berikut ini. Ada Paruh, sayap, ekor, cakar, dan mata. Tuliskanlah fungsi setiap bagian-bagian tubuh burung tersebut pada tabel yang tersedia!
Dan Kerjakan pada Link dibawah ini :
Kerjakan jangan lupa di screenshoot hasilnya, kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru!
Kegiatan 2 B.Indonesia
Anak-anak hebat, selanjutnya kita akan melakukan wawancara. Untuk melakukan wawancara ada beberapa cara yang harus dilakukan agar wawancara berjalan dengan baik dan lancar.
Ayo kita pelajari lebih lanjut dengan menyaksikan tayangan berikut ini!
Catatlah informasi penting yang terdapat pada video tersebut untuk kalian pelajari kembali ya!
Sekarang waktunya kita melakukan wawancara! Praktikkanlah kegiatan wawancara dengan topik hewan. Boleh tentang hewan peliharaan, hewan ternak, ataupun hewan sering kamu jumpai di sekitarmu. Kamu dapat mewawancari ayah, bunda, atau kakakmu sebagai nara sumbernya. Perhatikanlah hal-hal yang sudah dijelaskan tadi.
Rekamlah kegiatan wawancaramu dalam bentuk video atau rekaman suara (voice note) kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Refleksi Penutup
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang hak dan kewajiban terhadap hewan, dan faktor persekutuan bilangan. Berikut ini link materinya:
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita! Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!!
Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta