PJJ KELAS 4,SENIN 13 SEPTEMBER 2021

 


 

Kelas : 4 (Empat)

Tema : 3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)

Sub Tema : 3 (Ayo Cintai Lingkungan)

 

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video tentang kata baku dan tidak baku, peserta didik dapat membedakan kata baku dan tidak baku dalam wawancara dengan benar. Setelah menyaksikan video tentang pelestarian sumber daya alam dan lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan dengan benar.

 

Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak! 

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).


 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

Kegiatan 1 Bahasa Indonesia

Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kalian telah belajar melakukan wawancara dengan tehnik yang benar. Dalam wawancara juga harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, selain itu juga harus memperhatikan pemilihan kata yang benar yaitu menggunakan kata baku. Apalagi jika wawancara dilakukan secara formal. Apa itu kata baku dan tidak baku?

Mari kita simak penjelasan pada video berikut ini!


Bagaimana anak hebat, apakah kalian sudah memahami kata baku dan tidak baku?

Supaya kalian lebih memahami silahkan kerjakan latihan soal pada link liveworksheets berikut ini!

 

https://www.liveworksheets.com/c?a=s&g=4%2FSD&s=B.Indonesia%20Kata%20Baku&t=pry5fa31530&m=d&sr=n&ms=uzz&l=ag&i=dttcfso&r=kq&db=0&f=dzduznud&cd=phsi8ed07802nldbnzzkepjct2ngnxglxnxgg 


Setelah selesai mengerjakan, screenshot skornya dan kirimkan ke bapak/ibu guru ya! Selamat mengerjakan!

 

Kegiatan 2  IPA

Anak hebat, pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas bagian-bagian tumbuhan dan hewan, pada pertemuan kali ini kita akan membahas upaya pelestarian sumber daya alam yang meliputi hewan dan tumbuhan.

Hewan dan tumbuhan perlu dilestarikan agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bagaimana upaya pelestarian sumber daya alam baik hewan maupun tumbuhan? Mari kita perhatikan pada video penjelasan berikut ini!


https://youtu.be/gPywlv2VxDM

Bagaimana anak hebat? Cukup mudah dipahami materi ini ya?

Supaya lebih memahami tentang materi tersebut, silahkan kerjakan soal berikut!

  1. Mengapa kita perlu melestarikan hewan dan tumbuhan?
  2. Sebutkan ciri-ciri hewan terawat dan tidak terawat!
  3. Sebutkan ciri-ciri tumbuhan terawat dan tidak terawat!
  4. Bagaimana upaya pelestarian tumbuhan?
  5. Bagaimana upaya pelestarian hewan?

 

Refleksi Penutup

Sampai disini pembelajaran hari ini, besok kita masih belajar lagi ya. Materi selanjutnya yaitu: hak dan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan dan montase. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu materinya pada link di bawah ini!

https://youtu.be/f0gaUorKb6o

Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bundamu yang telah mendampingi belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca do‘a sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok ya! Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021