BDR KELAS 4 KAMIS 7 OKTOBER 2021

 

 


 

 

Kelas : IV
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 2. Pekerjaan di Sekitarku

 

 

Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca teks, peserta didik dapat menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara tertulis dengan teliti. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan pemanfaatan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan kreatif.

 

Kegiatan 1 B.Indonesia

Anak-anak hebat, Setiap orang memiliki tujuan saat bekerja. Banyak yang memiliki tujuan mulia saat memilih suatu pekerjaan. Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang bekerja untuk kepentingan orang lain? Kamu akan belajar tentang hal tersebut melalui cerita pendek berikut!

 

Pak Welly, Kepala Sekolah dari Timur Negeri

Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah. Pak Welly senang melihat murid- muridnya dapat belajar dan bermain bersama tanpa mempersoalkan asal- usul. Semua unik, baik sifat maupun kecerdasannya.

Sudin adalah penduduk asli Grobogan. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

Sambil berpikir bagaimana memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia melatih Sudin setiap hari. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.

Hingga suatu sore terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengumpulkan guru, penjaga sekolah, serta murid Kelas 4, 5, dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian pada hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 4, 5, dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan seluruh warga sekolah.

Setelah membaca cerita di atas, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita di atas!

2.Apa yang diharapkan oleh Bapak Welly?

3.Mengapa Bapak Welly memiliki harapan tersebut?

4.Apa yang dilakukan Bapak Welly dan siswa di sekolahnya?

5.Tokoh mana yang paling kamu sukai? Mengapa?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2  IPA

Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah.

Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat.Grafit dan tanah liat merupakan sumber daya alam. Di sekitar kita, banyak sekali pekerjaan yang memanfaatkan sumber daya alam untuk menghasilkan berbagai macam barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak tayangan berikut ini!


 


https://youtu.be/9liKIwBp2vA

Nah Anak-anak hebat, kita juga boleh memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, namun kita harus tetap menjaga kelestariannya ya!

Selanjutnya, tuliskan jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang digunakan pada tabel berikut ini!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Refleksi Penutup

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang tokoh dan penokohan pada cerita fiksi dan penerapan sila kedua Pancasila di dalam kelas, berikut link materinya:

https://tinyurl.com/2rnvv893

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022