BDR KELAS 4 RABU 13 OKTOBER 2021
Kelas : IV
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 3. Pekerjaan Orang Tuaku
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi unsur-unsur yang terdapat pada cerita fiksi dengan kreatif. Melalui pengamatan, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya pemanfaatan sumber daya alam dengan tepat untuk menjaga kelestariannya dengan penuh tanggung jawab.
Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak!
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 B.Indonesia
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Anak-anak hebat, mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng. Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng di sekitarmu?
Setiap cerita fiksi memiliki unsur-unsur di dalamnya. Kali ini kita akan mempelajari unsur-unsur yang terdapat dalam cerita. Kita simak tayangan berikut ini yuk!
Nah Anak-anak hebat, berdasarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus yang terdapat pada video tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut!
Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?
Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 IPS
Kayu merupakan sumber daya alam hasil hutan yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan. Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen).
Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang. Sering sekali karena kebakaran hutan.
Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini!
Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan
yang gundul.
Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010!
2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?
3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?
4. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?
5. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
Refleksi Penutup
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang Penerapan Sila Ketiga dan Soal Cerita FPB, berikut link materinya:
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita! Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta