BDR KELAS 4 SELASA 26 OKTOBER 2021
Kelas : IV
Tema : 5. Pahlawanku
Sub Tema : 1. Perjuangan Para Pahlawan
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan percaya diri.
Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak!
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Muatan PPKn
Anak-anak hebat, kamu sudah belajar tentang perjuangan Raja
Purnawarman. Menurutmu, apakah sikap Raja Purnawarman mencerminkan
nilai-nilai Pancasila? Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang
hubungan simbol dan makna sila keempat Pancasila.
Kita simak video berikut ini yuk!
Kamu telah mempelajari hubungan simbol dan makna sila keempat
Pancasila. Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2 Muatan SBdP
Anak-anak hebat, semangat perjuangan para pahlawan juga terlihat pada
lagu “Maju Tak Gentar”. Nah, ketika bernyanyi, tentunya kita harus
memperhatikan tinggi rendahnya nada!
Nada dapat diartikan sebagai bunyi teratur. Nada memiliki tingkatan bunyi rendah maupun tinggi.
Nada dapat ditulis dalam notasi balok. Di dalam notasi balok, tiap nada disimbolkan dengan bulatan hitam beserta tiang. Ayo ingat kembali notasi balok dan angka berikut!
Tinggi rendahnya nada dalam notasi balok sesuai dengan letak bulatan hitam tersebut di garis paranada. Semakin tinggi letak bulatan hitam, maka semakin tinggi pula suatu nada dan sebaliknya.
Nah, sekarang kita berlatih menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” yuk! Bagaimana cara menyanyikannya? Simak video berikut ini!
Kamu bisa mempelajari tinggi rendah nadanya dengan membaca partitur lagunya pada buku Tema 5 halaman 14! Berlatihlah hingga kamu dapat menyanyikannya dengan benar! Selanjutnya rekam dalam bentuk video/voicenote dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Refleksi Penutup
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang pembulatan pengukuran panjang dan cakram warna. Berikut link materinya:
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.Kita akhiri dengan membaca doa belajar.
Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta