BDR KELAS 4 SELASA 5 OKTOBER 2021

 


 

 

Kelas 4

Tema 4 Berbagai Pekerjaan

 

Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca teks, peserta didik dapat menganalisis pengaruh aktivitas nelayan tradisional dan nelayan modern terhadap keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam dengan penuh tanggung jawab. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi mengenai kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang/jasa di sekitar tempat tinggalnya dengan kerja keras.

 

Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak! 

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).




 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

Kegiatan 1 IPA

Anak-anak hebat, salah satu pekerjaan yang banyak terdapat di pesisir pantai adalah nelayan. Nelayan merupakan sebutan bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau biota lainnya yang ada di laut. Tentunya dalam menangkap ikan, nelayan juga harus memperhatikan kelestarian sumber daya alam yang ada.

Sekarang, mari kita baca teks tentang nelayan  berikut ini!

 

Ayahku Seorang Nelayan

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampung nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.

Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak.

Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.

Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

Nah Anak-anak hebat, kalian sudah mengetahui bahwa ada nelayan yang menangkap ikan dengan cara tradisional dan ada juga nelayan yang menangkap ikan dengan peralatan modern.

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

  1. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?
  2. .Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?
  3. Tulislah persamaan dan perbedaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn berikut!

4.Setujukah kamu dengan penangkapan ikan menggunakan pukat harimau dan bom ikan? Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakannya untuk menangkap ikan di laut?

5.Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

 Kegiatan 2 IPS

Kegiatan yang dilakukan nelayan merupakan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Adapun barang yang dihasilkan berupa ikan-ikan hasil tangkapannya. Selain menghasilkan barang, ada juga jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan. Ayokita pelajari lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini!



  https://youtu.be/FzMiNPX8_Ug

Anak-anak hebat, amatilah berbagai pekerjaan yang kamu temukan di lingkunganmu, identifikasilah aktivitas dan hasil dari pekerjaan tersebut! Tuliskanlah pada tabel berikut ini!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Refleksi/Penutup

Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang makna sila kedua Pancasila dan FPB, berikut link materi berikut ini:

 


https://youtu.be/rIDBxBNpNoE

 

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!

Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!

 


 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022