BDR KELAS 4 SENIN 4 OKTOBER 2021

 


 

 Kelas : 4 (Empat)
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 1 (Jenis-jenis Pekerjaan)

 

 

Tujuan Pembelajaran :
Setelah membaca teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi tokoh yang ada pada teks dengan benar.
Setelah memperhatikan video penjelasan tentang KPK, siswa dapat mencari KPK dari dua bilangan dengan tepat.

 

Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak! 

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).




 

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 Kegiatan 1 Matematika

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah membahas faktorisasi prima, kali ini kita akan membahas kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Untuk mencari KPK kalian harus sudah paham materi faktorisasi prima ya.
Apa itu KPK? Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua atau lebih bilangan adalah kelipatan persekutuan dari bilangan-bilangan tersebut yang nilainya paling kecil di antara kelipatan persekutuan yang lainnya.
Untuk menentukan KPK bisa menggunakan berbagai cara, kali ini kita akan belajar mencari KPK dengan pohon faktor.Bagaimana caranya? Mari kita saksikan penjelasan pada video berikut! 


   


Perhatikan dengan seksama ya, supaya kalian dapat memahaminya!Supaya kalian lebih paham, kerjakan latihan soal di bawah ini! Tentukan KPK dari pasangan-pasangan bilangan berikut!

1). 6 dan 8
2). 6 dan 9
3). 9 dan 12
4). 12 dan 18
5). 15 dan 20

Kerjakan di buku tulis, setelah selesai foto hasil pekerjaanmu dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

 

Kegiatan 2 Bahasa Indonesia

Anak hebat, pertemuan sebelumnya kalian telahbelajar mengenai tokoh dan penokohan. Dalam sebuah cerita pasti ada tokohnya, baik tokohnya berupa manusia maupun berupa binatang dan makhluk yang lainnya. Kali ini kalian akan mengidentifikasi tokoh dan penokohan pada teks fiksi melalui media audio visual.
Perhatikan cerita gajah dan semut pada link video berikut ini!

 

  


 Bagaimana anak hebat, menarik sekali ceritanya ya! Setelah memperhatikan cerita tersebut, jawablah
pertanyaan berikut ini ya! 


1. Siapa tokoh yang terdapat pada cerita tersebut?
2. Menurutmu bagaimana sifat gajah?
3. Menurutmu bagaimana sifat semut?
4. Siapakah tokoh yang berperan sebagai protagonis?
5. Siapakah tokoh yang berperan sebagai antagonis?
6. Pesan moral atau nilai baik apa yang kamu peroleh dari cerita “Gajah dan Semut” tersebut?


Kerjakan di buku tulismu! Fotokan hasilnya dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!

 

Refleksi/Penutup

Sampai disini pembelajaran hari ini, besok kita masih belajar lagi ya! Materi selanjutnya yaitu: pelestarian sumber daya alam (nelayan tradisional dan modern) dan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. Silahkan kalian pelajari terlebih dahulu materinya pada link di bawah ini!

 

   
 
 

Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya!Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bundamuyang telah mendampingi belajar dari rumah hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca do‘a sesudah belajar.


 


Terima kasih, sampai jumpa besok ya!
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Sumber:RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 




Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 28 JULI 2021

Volume Gabungan Bangun Ruang

BDR KELAS 4 RABU 30 MARET 2022