BDR KELAS 4 KAMIS 18 NOPEMBER 2021
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 3 (Sikap Kepahlawanan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
MATEMATIKA
3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di
lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat
masa kini.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau
Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat masa kini.
Tujuan Pembelajaran
Melalui praktik mengukur lingkar kepala, siswa dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dengan tepat. Melalui video penjelasan mengenai sikap kepahlawanan Bung Tomo, siswa
dapat mengidentifikasi sikap kepahlawanan Bung Tomo daan pengaruhnya
pada kehidupan masyarakat masa kini.
Pendahuluan
Assalamualaikum wr.wb ..selamat pagi anak-anak!
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Matematika
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kalian sudah belajar tentang pembulatan hasil pengukuran panjang.
Hari ini, kita akan mempraktikkan pembulatan hasil pengukuran panjang
dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan kegiatan berikut ini!
Melakukan Pengukuran Panjang Lingkar Kepala
Siapkan: seutas tali rafiah, penggaris, dan gunting.
Langkah kegiatan:
1. Lakukan kegiatan dengan bekerja sama dengan anggota keluargamu.
2. Ukurlah lingkar kepalamu dengan tali rafiah. Potonglah tali sesuai dengan lingkar kepalamu. Hati-hati ketika menggunakan gunting.
3. Ukurlah tali yang telah kamu potong tersebut menggunakan penggaris. Tuliskan hasilnya ke dalam tabel seperti berikut ini.
4. Ulangilah kegiatan yang sama dengan mengukur anggota keluarga yang lainnya.
5. Setelah selesai, lakukanlah pembultan hasil pengukuran panjang tersebut ke satuan terdekat.
Diskusikan:
1. Siapa yang memiliki lingkar kepala paling panjang?
2. Siapa yang memiliki lingkar kepala paling pendek?
3. Adakah di antara anggota keluargamu yang memiliki lingkar kepala sama panjang?
Silahkan lakukan kegiatan tersebut dengan teliti, disiplin, dan tanggung jawab!
Tuliskan tabel hasil praktik pengukuran panjangmu di buku tulis dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2 IPS
Anak hebat, apakah kalian mengenal sosok Bung Tomo? Bung Tomo merupakan pahlawan nasional yang terkenal dengan
pidato atau orasi-orasinya yang bisa membangkitkan semangat rakyat
Indonesia melawan tantara sekutu pada pertempuran 10 November 1945.
Beliau menyampaikanorasi-orasinya untuk menyemangati rakyat melalui
siaran Radio Republik Indonesia (RRI).
Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan video penjelasan pada link berikut ini!
Bagaimana anak hebat, luar biasa sekali ya perjuangan Bung Tomo!
Untuk mengukur pemahamanmu mengenai materi tersebut, kerjakan evaluasi pada link berikut ini ya!
https://forms.gle/kUNv6GrWX6VkGMC28
Setelah selesai, silahkan screenshot skor perolehanmu dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Refleksi Penutup
Anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anakanak tidak
boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi.
Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi
esok hari yaitu “Sultan Iskandar Muda dan soal cerita pembulatan satuan
berat”.
Ananda bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!
https://tinyurl.com/2eszmvvp
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yangtelah mendampingi
Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar
dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih,
sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta