BDR KELAS 4 RABU 17 NOPEMBER 2021

 

 


 

Kelas : IV
Tema                 : 5. Pahlawanku
Sub Tema          : 3. Sikap Kepahlawanan
Semester           : I (Ganjil)
Alokasi Waktu  : 120 menit

 

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

Ilmu Pengetahuan Alam
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.

 

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca teks nonfiksi, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang periskop sederhana dengan penuh tanggung jawab.

 

Pendahuluan

 Assalamualaikum wr.wb.....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kegiatan 1 B.Indonesia


Anak-anak hebat, Setelah mengetahui perjuangan para pahlawan, sikap apakah yang dapat kamu tiru dari mereka? Apakah sikap kepahlawanan itu hanya ditunjukkan pada masa perjuangan melawan penjajah saja? Adakah tokoh-tokoh pada masa sekarang yang tindakan mencerminkan sikap kepahlawanan?

Mari kita cari tahu bersama dengan membaca teks tentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api pada tautan di bawah ini!

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Gimin tinggal di Desa Lemah Abang, Karawang. Pekerjaannya sangat mulia. Banyak orang yang telah ia selamatkan. Namun demikian, banyak orang yang tidak peduli terhadap pekerjaan yang ia lakukan. Tidak ada ucapan terima kasih yang diberikan kepadanya. Pendapatannya sangat kecil dan tentunya kurang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Jam istirahatnya tidak menentu. Bahkan suatu saat, ia tidak bisa menikmati makan siangnya karena tiba-tiba ada pekerjaan yang harus ia lakukan. Hari raya pun terkadang ia harus masuk bekerja. Namun, Gimin tetap berusaha untuk bekerja sepenuh hati. Gimin sangat mencintai pekerjaannya. Ia sudah melakukan pekerjaannya hampir 30 tahun lamanya. Apa sebenarnya pekerjaan Gimin? Mengapa ia sangat senang dengan pekerjaannya?

Gimin adalah seorang penjaga pintu perlintasan kereta api. Ia sangat bangga dengan pekerjaan yang ia lakukan karena ia bisa menyelamatkan banyak orang, mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda motor, penumpang mobil atau pengguna kendaraan lainnya. Panas terik atau guyuran air hujan tidak pernah ia pedulikan. Begitu juga dengan suara bising kendaraan. Ia tidak pernah terganggu dengan semua itu. Bahkan, umpatan dari mereka yang marah karena Gimin menutup pintu rel pun ia abaikan. Di dalam pikirannya yang ada hanyalah usaha untuk menyelamatkan orang-orang.

Nah Anak-anak hebat, berdasarkan informasi pada teks tersebut, jawablah pertanyaaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang diceritakan pada teks tersebut?
2. Bagaimana pendapatmu tentang pekerjaan Gimin?
3. Apa sikap kepahlawanan yang dapat kamu pelajari dari sosok Gimin?
4. Tuliskanlah kembali cerita tersebut secara singkat dengan bahasamu sendiri!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2  IPA

Anak-anak hebat, sikap kepahlawanan pun dimiliki oleh mereka yang bekerja di kapal selam. Mereka menjaga perairan Indonesia tetap terjaga dari gangguan orangorang yang tidak bertanggung jawab. Biasanya kapal selam menggunakan sebuah alat bernama periskop untuk melihat keadaan sekeliling permukaan laut. Periskop ini memanfaat sifat cahaya berupa pemantulan.

Anak-anak hebat, kita juga bisa membuat periskop sederhana sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak video berikut ini!


 https://youtu.be/-TfNA7yhCGE

Setelah melakukan percobaan membuat perioskop, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa yang kamu temukan dalam percobaan ini?
2. Bagaimana bayangan yang dihasilkan periskop?
3. Apa kesimpulan yang kamu peroleh tentang percobaan ini?
4. Di manakah prinsip kerja periskop ini kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari?
Nah, selanjutnya buatlah laporan percobaanmu!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Kirimkan juga swafotomu dengan periskop buatanmu ya!

 

Refleksi Penutup

Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang Bung Tomo,Pembulatan Satuan Panjang. Berikut ini link materinya:

Sumber: https://youtu.be/I-9zSHXGk8Y

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021