BDR KELAS 4 RABU 24 NOVEMBER 2021
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 3 (Sikap Kepahlawanan)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
MATEMATIKA
3.3 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
4.3 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di
lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat
masa kini.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau
Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat masa kini.
Tujuan Pembelajaran
Melalui soal pada google form, siswa dapat menyelesaikan penilaian
harian materi pembulatan satuan panjang dan berat dengan tepat. Melalui
membuat buklet, siswa dapat menyajikan hasil identifikasi sikap
kepahlawanan tokoh Kerajaan Hindu,Budha, Islam, dan masa penjajahan dengan tepat dan menarik.
Pendahuluan
Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak!
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1 Matematika
Anak hebat, pembahasan materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan
berat yang telah kita pelajari pada pertemuan-pertemuan sebelumnya telah
selesai.
Kali ini kita akan melaksanakan penilaian harian materi tersebut. Silahkan kerjakan soal penilaian harian materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat pada link berikut ini
https://forms.gle/JoPdy891yDJp2yTS9
Bagaimana anak hebat, apakah kalian mendapatkan skor yang bagus?
Jika belum jangan berkecil hati ya, pelajari kembali materi tersebut.
Setelah selesai, silahkan screenshot skor perolehanmu dan kirim ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2 IPS
Anak hebat, pada pembelajaran sebelumnya kalian telah banyak belajar
sikap kepahlawanan dari beberapa tokohtokoh penting di Indonesia. Kali
ini kita akan membuat buklet tentang sikap kepahlawanan tokoh Kerajaan
Hindu, Budha, Islam, dan tokoh masa penjajahan. Bagaimana cara membuat
buklet tersebut? Mari kita simak penjelasannya pada link video berikut
ini!
Bagaimana anak hebat, mudah kan? Dengan membuat buklet dapat memberikan pemahaman yang lebih terhadap materi yang dipelajari. Sekarang kalian bisa mempelajari dengan mudah melalui buket yang telah kalian buat.
Tugas Ananda buatlah buklet tentang sikap kepahlawanan tokoh Kerajaan Hindu, Budha, Islam, dan tokoh masa penjajahan. Buatlah semenarik mungkin dengan menambahkan gambar dan warna. Untuk isi materi kalian bisa mencarinya melalui Internet atau melihat kembali penjelasan pada pertemuan sebelumnya.
Setelah selesai foto dan berswafotolah dengan buklet hasil karyamu ya, dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru!
Refleksi Penutup
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “cahaya dan indra penglihatan dan pengamalan sila pancasila”. Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!
Persiapkan diri kalian, ya! Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari
kita akhiri kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta