BDR KELAS 4 SELASA 2 NOPEMBER 2021
Kelas : 4 (Empat)
Tema : 5 (Pahlawanku)
Sub Tema : 2 (Pahlawanku Kebanggaanku)
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
IPA
3.6 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
4.6 Menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau Islam di
lingkungan daerah setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat
masa kini.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Budha dan/atau
Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat masa kini.
Tujuan Pembelajaran
Setelah membuat jam matahari, siswa dapat menerapkan sifat cahaya hanya
dapat menembus benda bening dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Setelah memperhatikan video tentang Sultan Hasanuddin, siswa dapat
mengidentifikasi tokoh dan peninggalan Kerajaan Islam di Nusantara
dengan tepat.
Kegiatan 1 Muatan IPS
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah belajarbeberapa tokoh dan peninggalan Kerajaan Hindu Budha di Nusantara. Nah, kali ini kita akan belajar tokoh dan peninggalan Kerajaan Islam di Nusantara.
Salah satu tokoh dari Kerajaan Islam di Nusantara yaitu Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, yang oleh Belanda dijuluki “Ayam Jantan dari Timur”. Bagaimana kisah lengkapnya? Mari kita perhatikan pada video penjelasan di bawah ini!
Sebagai tambahan pengetahuan Ananda juga dapat membaca di buku tema 5 subtema 2 pembelajaran 1.
Selanjutnya, silakan Ananda jawab pertanyaan di bawah ini supaya lebih memahami materi ini!
1. Siapa nama tokoh yang terkenal dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo?
2. Di manakah letak Kerajaan Islam Gowa-Tallo?
3. Kapan Sultan Hasanuddin dilahirkan?
4. Bagaimana upaya yang dilakukan Sultan Hasanuddin dalam melawan penjajahan Belanda?
5. Mengapa Sultan Hasanuddin dijuluki “Ayam Jantan dari Timur”?
6. Sikap apa saja yang perlu kalian teladani dari perjuangan Sultan Hasanuddin?
Kerjakan di buku tulismu, setelah selesai foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!
Selamat mengerjakan!
Kegiatan 2 Muatan IPA
Anak hebat, pertemuan sebelumnya kita telah melakukan percobaan sifat-sifat cahaya. Sifat-sifat cahaya yang telah kita pelajari yaitu: cahaya dapat merambat lurus, cahaya dapat menembus benda bening, cahaya dapat dibiaskan, dan cahaya dapat dipantulkan. Kali ini Ananda akan belajar penerapan sifat cahaya hanya dapat menembus benda bening dalam kehidupan sehari-hari melalui membuat jam matahari.
Silakan Ananda perhatikan video tutorial berikut ini!
Bagaimana anak hebat cukup mudah ya membuat
jam matahari. Silakan kalian membuat jam matahari dan uji cobalah jam
mataharimu di bawah terik matahari.
Selanjutnya buatlah laporan hasil percobaan dengan mengikuti format berikut ini!
Kerjakan di buku tulismu, jika sudah selesai fotolah jam mataharimu di bawah terik matahari dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru beserta laporan hasil percobaanya!
Refleksi Penutup
Anak-anak hebat, pembelajaran hari ini telah usai. Tetapi anak-anak tidak boleh lupa, bahwa besok kita akan belajar yang lebih seru lagi. Persiapkan diri kalian untuk kegiatan besok ya! Pelajari untuk materi esok hari yaitu “teks nonfiksi dan makna dan nilai-nilai sila kelima Pancasila”. Kalian bisa mempelajari dahulu pada link berikut ini!
https://youtu.be/Rl1Ldc0mn2o
Persiapkan diri kalian, ya!
Sampai jumpa, anak-anak! Salam!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah
mendampingi Ananda belajar dari rumah hari ini! Mari kita akhiri
kegiatan belajar dari rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta