BDR KELAS 4 SELASA 23 NOVEMBER 2021

 


Kelas               : IV
Tema               : 5. Pahlawanku
Sub Tema        : 3. Sikap Kepahlawanan
Semester          : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit

 

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.

 IPS

3.3 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah
setempat,serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan
daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.

 

 

Tujuan Pembelajaran


Melalui tayangan video, peserta didik dapat membandingkan informasi pada dua teks nonfiksi dengan mandiri.Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi tokoh kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam serta pada masa penjajahan dengan kreatif.

 

Pendahuluan 

Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak !

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

 

Kegiatan 1 IPS

 
Anak-anak hebat, masih ingatkah kamu dengan perjuangan para tokoh pada masa kerajaan Hindu,
Buddha, Islam, dan masa penjajahan? Bagaimana sikap kepahlawanan yang mereka miliki? Mari kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak tayangan berikut ini

 


https://youtu.be/kQHuCumhcdY

 

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari kisah kepahlawanan para tokoh tersebut. Pada dasarnya semua orang bisa menjadi seorang pahlawan. Kita dapat memulainya dengan cara sederhana, dimulai dengan saling tolong-menolong kepada sesama yang sedang membutuhkan, dan terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif.

Anak-anak hebat, selanjutnya ayo kita buat urutan atau lini masa perjuangan dan sikap kepahlawanan para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan.

Tuliskanlah pada tabel berikut ini!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2 B.Indonesia

 
Anak-anak hebat, masih ingat cara membandingkan dua teks nonfiksi. Kalian dapat melihat video berikut ini untuk mempelajarinya kembali ya!


https://youtu.be/VJj31t3i-7E

Nah sekarang kita akan berlatih mengerjakan soal-soal tentang membandingkan dua teks nonfiksi pada tautan di bawah ini!
Selamat mengerjakan!

https://forms.gle/FLRv3KQJ1DR79rUNA

Bagaimana Anak-anak hebat, apa kalian mendapatkan skor yang bagus? Kirimkanlah screenshoot skor hasil perolehanmu kepada bapak/ibu guru ya!

 

Refleksi Penutup

Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu penilaian matematika dan membuat buklet tokoh dan peninggalan kerajaan Hindu-Bunda, Islam, dan Masa Penjajahan. Berikut ini link materinya:

https://youtu.be/O5Iw958WIKY

Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta


Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021