BDR KELAS 4 SELASA 9 NOPEMBER 2021
Kelas : IV
Tema : 5. Pahlawanku
Sub Tema : 2. Pahlawan Kebangganku
Semester : I (Ganjil)
Alokasi Waktu : 120 menit
Kompetensi Dasar
PPKn
1.1 Menerima makna hubungan bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui kesalahan, meminta maaf, memberi maaf, dan santun sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
4.1 Menuliskan makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi.
4.4 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna hubungan simbol dengan sila kelima Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
Kegiatan 1 Muatan B.Indonesia
Anak-anak hebat, tahukah kamu siapa pahlawan nasional yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia?Ya, beliau adalah Ir. Soekarno yang merupakan presiden pertama Republik Indonesia.
Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang Ir. Soekarno dengan menyimak tayangan berikut ini!
Nah Anak-anak hebat,selanjutnya, tuliskanlah informasi yang kamu peroleh tentang Ir. Soekarno pada peta pikiran berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 1 Muatan PPKn
Upaya Bung Karno untuk menciptakan masyarakat berkeadilan dan berkemakmuran sejalan dengan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Masih ingat, penjelasan tentang makna sila ke-5? Kamu dapat menyaksikan kembali tayangan berikut ini untuk mempelajarinya kembali!
Anak-anak hebat, berikutnya coba kalian jawab pertanyaan berikut ini!
1.Menurutmu, apakah sikap Ir. Soekarno sudah sesuai dengan sila ke-5 Pancasila? Berikan alasanmu!
3.Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita tidak menerapkan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Refleksi penutup
Anak-anak,pembelajaran hari ini telah usai, besok kita akan belajar yang lebih seru, yaitu tentang pembulatan serta tempo dan nada. Berikut ini link materinya:
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta