BDR KELAS 4 JUMAT 21 JAN 2022

 


 

Kelas        : IV (Empat)
Tema        : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Semester  : II (Genap)

 

Kompetensi Dasar
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup.
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan
sekitarnya.

SBdP
3.4 Mengenal karya seni rupa teknik tempel
4.4 Membuat karya seni rupa teknik tempel 


Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca, peserta didik menjelaskan upaya menjaga kelestarian daur hidup beberapa jenis makhluk hidup di sekitar dengan percaya diri, membuat karya seni rupa teknik tempel kolase dari koran barang bekas dengan kreatif dan bertanggung jawab.


Assalamualaikum wr.wb....selamat pagi anak-anak

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan,sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.

 

 Kegiatan 1
Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan daur hidupnya. Makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya.
Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga
keanekaragaman makhluk hidup. Ada tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi, dan ada juga yang keberadaannya harus dilestarikan agar tidak punah. Mari kita cari tahu dengan membaca teks berikut ini!


https://tinyurl.com/3mrec772


Selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini!
1. Berdasarkan informasi yang kamu peroleh tadi,buatlah peta pikiran tentang upaya pelestarian
tumbuhan dan hewan!
2. Apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu?
Ceritakanlah apa jenis tumbuhan/hewan yang dilestarikan dan kegiatan apa saja yang dilakukan
untuk melestarikannya!
3. Menurutmu, apa yang terjadi apabila kita tidak menjaga kelestarian makhluk hidup yang ada di
sekitar kita?
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian kumpulkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

 

Kegiatan 2
Tumbuhan dan hewan selain dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi, banyak juga dimanfaatkan menjadi barang-barang yang dipakai untuk kebutuhan manusia, seperti
sepatu yang terbuat dari kulit, lemari kayu, kertas, danmasih banyak lagi.
Sebagai upaya menjaga lingkungan, kita dapat mengurangi penggunaannya dan memanfaatkan kembali
barang-barang yang sudah tidak terpakai, salah satunya untuk membuat karya seni rupa.


Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas.
Masih inga tapa itu kolase? Ya, kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam,kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.
Bagaimana caranya? Simak video berikut ini yuk!



https://youtu.be/ScxBztmmIvI


Anak-anak hebat kamu bebas berkeasi membuat kolase sekreatif mungkin ya!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, pada pertemuan berikutnya, kita akan belajar yang lebih seru,yaitu keliling persegi panjang dan sumber daya alam hayati. Berikut ini link materinya:



https://youtu.be/IT8cDm80taU


Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021