BDR KELAS 4 JUMAT 7 JAN 2022

 


 

 

 Kelas       : IV (Empat)
Tema        : 6. Cita-citaku
Sub Tema : 1. Aku dan Cita-citaku
Semester  : II (Genap)

 

PPKn
1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka

3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menuliskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari

Bahasa Indonesia
3.3 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk
kesenangan.
4.3 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk
ungkapan diri. 



Tujuan Pembelajaran
Setelah teks ilustrasi tentang keberagaman, peserta didik dapat mengidentifikasi keberagaman ciri fisik
masyarakat di sekitar. Dengan membaca puisi, peserta didik dapat menggali isi dan amant puisi yang
disajikan secara tertulis dengan mandiri dan kreatif.



Assalamualaikum wr.wb.....selamat pagi anak-anak!

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan,sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.


Kegiatan 1


Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentumembantumu meraih cita-cita.Ada orang yang berbadan kecil namun sangat gesit dan tangkas dalam berolahraga. Ada juga orang yang gemulai dan pandai menari. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat!
Anak-anak, mari kita baca teks berikut ini!


https://tinyurl.com/2yx9uusb


Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu?
2. Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
4. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
5. Bagaimana caramu menyikapi keberagaman ras dan suku yang ada di sekitarmu?
Apabila telah selesai, kumpulkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru ya! 


Kegiatan 2


Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia.
Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan. Keunikan tersebut dapat disampaikan melalui sebuah puisi.
Kamu telah menyimak puisi ‘Tanah Airku, Tanah yang Beragam’ pada video sebelumnya. Sekarang, bacalah kembali puisinya berikut ini!


https://tinyurl.com/y4qfb4jl


Sudahkah kamu menyimak puisi tersebut? Tahukah kamu makna puisi tersebut? Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut. 



Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, pada pertemuan berikutnya, kita akan belajar yang lebih seru,yaitu tentang keberagaman kegiatan di lingkungan sekitar dan keliling persegi.
Pelajari dulu ya sebagai bahan diskusi kita!
Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya.
Pasti seru!!! Salam!!!




Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021