BDR KELAS 4 KAMIS 6 JAN 2022

 

 


 

Kelas      : 4 (Empat)
Tema      : 6 (Cita-Citaku)
Subtema : 1 (Aku dan Cita-Citaku)
Semester : II (Genap) 


Kompetensi Dasar
Matematika
3.4 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.
4.4 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan
segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi


Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menentukan keliling dan panjang sisi persegi,
menyajikan hasil identifikasi potensi sumber daya alam di lingkungan tempat tinggal dengan teliti dan mandiri.


Assalamualaikum wr.wb...selamat pagi anak-anak!

Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing).

Selalu taati prokes, jalani kebiasaan baru dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan, menjaga jarak, dan selalu pakai maskermu. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan, sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.

 

Kegiatan 1


Ananda, adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai arsitek? Kegiatan sehari-hari seorang arsitek adalah merancang, merencanakan, dan mengawasi konstruksi bangunan. Seorang arsitek juga memiliki keahlian untuk menggambar rancangan bangunan.Pernahkah kamu mengamati bangunan-bangunan
yang ada di sekiarmu, seperti: rumah, sekolah, atau gedung-gedung perkantoran?

Apabalia kita amati lebih jauh, bagian-bagian penyusun bangunan tersebut adalah gabungan dari berbagai jenis bangun datar,seperti: persegi, persegi panjang, segitiga dan masih banyak lagi.Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang persegi.Apa itu persegi? Bagaimana cara menghitung keiling
persegi? Mari kita simak penjelasannya pada video berikut ini!



https://youtu.be/yvpJP3iwtis


Bagaimana anak-anak, mudah bukan? Apabila ada hal yang kurang kamu pahami, kamu dapat bertanya
kepada ayah/bunda di rumah, atau bapak/ibu guru! Selanjutnya kerjkanlah soal-soal berikut ini!
Selanjutnya kerjkanlah soal-soal berikut ini!




Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian serahkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!


Kegiatan 2


Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itumenyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dankegiatan penduduk.
Kegiatan penduduk dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada kondisi lingkungan dan sumber daya alam yang ada di sekitar wilayah tersebut. Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak penjelasan pada tayangan berikut ini!




Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini!

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian serahkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai disini pembelajaran hari ini, besok kita akan belajar yang lebih seru lagi.


Mari kita akhiri dengan berdoa sesuai keyakinan masing-masing.
Selamat siang!

 

Sumber : RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.




Postingan populer dari blog ini

PJJ KELAS 4 RABU 21 JULI 2021

PJJ KELAS 4 JUMAT 30 JULI 2021

PJJ KELAS 4,RABU 1 SEPTEMBER 2021